DetikNews
Minggu 27 Agustus 2017, 11:45 WIB

Menlu: Parade ASEAN 50 Tingkatkan Kekeluargaan Antarnegara Anggota

Dewi Irmasari - detikNews
Menlu: Parade ASEAN 50 Tingkatkan Kekeluargaan Antarnegara Anggota Parade ASEAN 50 (Foto: Dewi Irmasari/detikcom)
Jakarta - Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi mengapresiasi Parade ASEAN 50 yang berlangsung meriah. Retno menyebut acara ulang tahun ke-50 ASEAN ini diselenggarakan untuk meningkatkan kekeluargaan antarnegara ASEAN.

"Ini untuk meningkatkan kembali atau kekeluargaan ASEAN. Tidak mudah menjadikan satu komunitas 10 negara yang berbeda," kata Retno di lokasi, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (27/8/2017).

Parade ASEAN 50Parade ASEAN 50 (Foto: Dewi Irmasari/detikcom)


Parade ASEAN 50 ini dilakukan long march dari silang barat daya Monas menuju Bundaran HI melalui Jalan Thamrin dan berhenti di Jalan Imam Bonjol. Lewat Parade ASEAN 50 yang digelar berjalan kaki, Retno berharap bisa menjadi momentum untuk mengedukasi masyarakat tentang kemajemukan di ASEAN.

"Dan dengan berjalan menunjukkan kemajemukan ASEAN dan harapan kita masyarakat lebih paham bahwa kami adalah salah satu negara ASEAN dan tahun ini ASEAN mencapai usia 50 tahun," katanya.



Parade ASEAN 50 berlangsung dengan meriah dengan diikuti oleh total 3.100 peserta. Sejumlah negara sahabat turut memerahkan acara dengan menggunakan atribut adat dari negara mereka. Ada pula penampilan dan atraksi drum band dari Secapa Angkatan Darat yang menjadi daya tarik masyarakat.

Selain berbagai atraksi dan kostum dari berbagai daerah dan sahabat, di Parade ASEAN 50 juga menampilkan 50 orang finalis Duta Muda ASEAN yang mengenakan baju adat masing-masing provinsinya.



Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat. Di antaranya Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Menteri Tenaga Kerja RI (Menaker) Hanif Dhakiri, Manteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara, serta artis Chelsea Islan dan Nicholas Saputra.

Acara ini berlangsung sejak pukul 07.00 dan selesai pukul 09.30 WIB dengan pengumuman pemenang 'ASEAN Photo Contest' dan 'ASEAN Vloggers Competition 2017'.
(irm/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed