Mahasiswa Peserta PIMNAS ke-30 Deklarasikan Anti-Plagiarisme

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Minggu, 27 Agu 2017 07:55 WIB
Mahasiswa peserta PIMNAS deklarasikan anti-plagiarisme (Foto: Muhammad Nur Aburrahman/detikcom)
Makassar - Mahasiswa dari 89 kampus se-Indonesia mendeklarasikan anti-plagiarisme di dunia akademik dan pembuatan karya ilmiah, dalam penutupan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-30 di kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar, Sabtu malam (26/8/2017).

Dalam deklarasi tersebut, para mahasiswa mengikrarkan agar kampus perguruan tinggi di Indonesia, bersama pemerintah berbenah diri, mewujudkan iklim akademik anti-plagiarisme. Para mahasiswa juga berharap cita-cita dalam deklarasi ini diwujudkan oleh para mahasiswa, pendidik dan peneliti se-Indonesia.

Dekan Fakultas Teknologi Industri, Zakir Sabara dalam keterangannya saat ditemui detikcom di sela penutupan PIMNAS, menyebutkan dunia akademik di kampus dirundung keresahan dengan aksi plagiat karya ilmiah di tengah kemudahan mengakses teknologi internet. Beberapa kasus plagiat yang terjadi di kampus di Indonesia memaksa oknum pendidik pelaku plagiat mengundurkan diri dan harus rela menerima risiko kariernya hancur.

"Upaya mempertahankan orisinalitas karya ilmiah memang sangat berat, namun ini terkait dengan integritas pembuat karya tersebut. Ketika karyanya dipublikasikan, di situ pulalah reputasinya dipertaruhkan," ujar Zakir.

Dalam gelaran PIMNAS ini kampus Universitas Brawijaya (UB) Malang berhasil menjadi juara umum, dalam kategori lomba poster berhasil membawa pulang 3 emas, 3 perak, 4 perunggu, dan 1 juara favorit. sedangkan untuk kategori presentasi, UB berhasil membawa pulang 5 emas 1 perak 4 perunggu dan 2 juara favorit. Total, UB berhasil membawa pulang medali 8 emas, 4 perak, dan 8 perunggu.

PIMNAS ke-30 di kampus UMI diikuti 1.848 mahasiswa dari 89 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia. Dalam kompetisi PIMNAS terbagi 7 bidang lomba yaitu PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), Untuk PKM Penelitian Eksakta (PKM-PE), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Teknologi (PKM-T), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT), dan PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH).

Berikut daftar lengkap 12 besar peringkat PIMNAS tahun 2017 :

1. Universitas Brawijaya
2. Universitas Gajah Mada
3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
4. Universitas Airlangga
5. Institut Pertanian Bogor
6.Universitas Diponegoro
7. Universitas Negeri Semarang
8. Institut Teknologi Bandung
9. Universitas Negeri Surabaya
10.Universitas Negeri Yogyakarta
11. Universitas Jendral Soedirman
12. Universitas Negeri Malang (mna/dkp)