Aksi Pasukan Semut Bersihkan Taman Vanda Usai Karnaval Kemerdekaan

Wisma Putra - detikNews
Sabtu, 26 Agu 2017 18:54 WIB
Foto: Pasukan Semut membersihkan area Taman Vanda, Bandung. (Wisma Putra/detikcom)
Bandung - Karnaval kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 di Kota Bandung, Jawa Barat sudah selesai. Peringatan kemerdekaan yang digelar setahun sekali itu diikuti oleh ribuan peserta karnaval dari seluruh Indonesia.

Karnaval tersebut disaksikan juga oleh warga yang tumpah ruah di sepanjang Jalan Diponogoro, Ir Djuanda, Tamblong, Merdeka hingga Alun-alun Bandung. Setelah karnaval selesai, ratusan Pasukan Semut (relawan pemungut sampah) langsung beraksi membersihkan sekitar Taman Vanda yang menjadi lokasi podium utama.

Pasukan Semut membersihkan area Taman Vanda, Bandung.Pasukan Semut membersihkan area Taman Vanda, Bandung. Foto: Wisma Putra/detikcom

Sebelum beraksi, perwakilan Pasukan Semut diberikan PIN sebagai tanda penghargaan oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan yang disaksikan Presiden Jokowi. Jokowi, Aher hingga Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meninggalkan lokasi pukul 17.20 WIB tadi.

"Senang bisa ikut berpartisipasi, meski capek tapi dapat membantu para petugas sampah biar tidak terlalu banyak, jadi setelah acara selesai sampah juga bersih," kata salah satu relawan Pasukan Semut Reni Apriliani (18) warga Tamansari, Kota Bandung saat ditemui detikcom di Taman Vanda, Sabtu (26/8/2017).


Reni menjadi relawan Tim Semut bersama teman-temannya yang tergabung dalam Karang Taruna Tamansari. "Banyakan kalau teman saya ada sekitar 10 orang tapi kalau keseluruhan bisa mencapai 100 orang lebih," pungkasnya. (idh/idh)