Pimpin Karnaval Kemerdekaan, Jokowi Naik 'Kereta Pancasila'

M Solehudin - detikNews
Sabtu, 26 Agu 2017 15:28 WIB
Jokowi di Karnaval Kemerdekaan / Foto: M Solehudin/detikcom
Jakarta - Kemeriahan suasana Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan begitu terasa. Ribuan warga tumplek di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung untuk menyaksikan karnaval.

Karnaval Kemerdekaan yang menjadi puncak peringatan kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi memukul kohkol sebanyak tujuh kali yang disambut suara ribuan gendang tangan sebagai tandanya dimulai acara.

Setelah itu, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi langsung menaiki mobil hias yang telah disiapkan untuk memimpin iringi-iringan. Ikut di atas mobil tersebut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bersama para istrinya.

"Inilah kereta Pancasila. Kendaraan pertama di Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan yang akan dipimpin langung oleh Presiden RI," kata pembawa acara.


Mobil tersebut merupakan kendaraan istimewa yang dihias oleh sejumlah seniman dan budayawan. Kendaraan tersebut menyimbolkan kerja keras pemimpin untuk membawa kesejahteran rakyatnya.

Sebanyak 2.500 peserta akan ikut serta dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan. Karnaval ini merupakan puncak peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia.

Ribuan peserta karnaval tersebut berasal dari perwakilan budaya dari 13 provinsi, 20 kabupaten di Jawa Barat, 43 komunitas dan perwakilan dari berbagai daerah penyelenggara festival-festival terbaik di Indonesia seperti Jember Fashion Carnaval dan lain-lain.

Iring-iringan karnaval ini akan melintasi Jalan Diponegoro-Jalan Ir H Djuanda-Jalan Merdeka dan Presiden Jokowi bersama sejumah tamu undangan akan turun di Taman Vanda. Sementara iring-iringan akan lanjut dan finis di Alun-Alun Bandung. (imk/imk)