Serasinya Jokowi-Iriana Berbaju Adat Sunda Warna Ungu di Karnaval

M Solehudin - detikNews
Sabtu, 26 Agu 2017 14:43 WIB
Jokowi dan Iriana menghadiri Karnaval Kemerdekaan di Bandung. (M Solehudin/detikcom)
Bandung - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di lokasi acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan. Dia datang didampingi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan sejumlah tamu lainnya.

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara terlihat serasi dengan menggunakan pakaian adat Sunda bernuansa warna ungu. Jokowi menggunakan baju khas Sunda karya Dede Siswanto yang dipadukan dengan sepatu sendal bustom, yang dibuat pengrajin asal Tasikmalaya. Sedangkan Ibu Negara menggunakan Kelom Geulis, yang juga dibuat pengrajin dari Tasikmalaya.

Presiden terlihat gagah dan begitu berwibawa. Senyuman khas dari orang nomor satu di Indonesia ini tidak pernah terlipat saat tiba di lokasi acara. Setiba di lokasi, Presiden tidak langsung menaiki panggung VVIP yang telah disediakan.

Dia malah langsung menghampiri ribuan siswa sekolah dasar yang ikut mengisi acara. Ribuan siswa sekolah dasar ini akan bernyanyi mengiringi paduan suara dari Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung. Setelah itu, Jokowi langsung menaiki panggung VVIP.

Sejumlah menteri di Kabinet Kerja juga hadir untuk ikut serta dalam kemeriahan Karnaval Kemerdekaan. Mereka hadir memakai sejumlah pakaian adat dari berbagai daerah.

Seperti Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, yang menggunakan pakaian adat Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil terlihat kompak menggunakan pakaian adat Sunda berwarna putih.


Pantauan detikcom di lokasi acara, terlihat ribuan warga sudah memadati area lokasi acara di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, untuk menyaksikan dimulainya Karnaval Kemerdekaan, Sabtu (26/8/2017).

Setelah itu, secara simbolis Jokowi membuka Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan dengan memukul kohkol sebanyak tujuh kali. Kohkol yang dipukul Jokowi langsung disambut bunyi gendang tangan yang dimainkan ribuan siswa sekolah dasar dan menjadi tanda dimulainya acara Karnaval Kemerdekaan. (bag/bag)