Jokowi akan Naik Kendaraan Hias 'Istimewa' di Karnaval Kemerdekaan

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Sabtu, 26 Agu 2017 11:50 WIB
Suasana Gedung Sate jelang Karnaval Kemerdekaan. (Wisma Putra/detikcom)
Jakarta - Karnaval Pesona Parahyangan akan digelar di Bandung, Jawa Barat, nanti siang. Karnaval itu dihadiri Presiden Jokowi, yang bakal naik mobil hias 'istimewa' karena dibuat khusus.

"Budayawan AAT Suratin, Joko Kurnain, yang membuat mobil khusus untuk Pak Presiden dan Ibu Negara," kata Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf kepada detikcom, Sabtu (26/8/2017).

Karnaval bertajuk 'Pesona Parahyangan' itu akan dimulai pukul 14.00 WIB di Gedung Sate. Presiden Jokowi nantinya juga akan memakai baju adat Sunda.

"Seniman itu menggagas sebuah kendaraan khusus yang menyimbolkan kerja keras pemimpin untuk rakyatnya," ungkap Triawan.


Setiap Agustus memang ada karnaval dalam rangka HUT Kemerdekaan RI. Pada 2015, Karnaval Khatulistiwa dihelat di Pontianak, pada 2016 ada Karnaval Pesona Danau Toba di Sumatera Utara, dan kali ini karnaval serupa digelar di Bandung.

"Nanti ada paduan suara dari 1.000 anak-anak sekolah pariwisata NHI yang dipimpin oleh Addie MS. Kemudian ada tarian-tarian, pokoknya seru," kata Triawan.

Jokowi juga akan menyampaikan sambutan pembukaan. Karnaval dimulai dari Gedung Sate ke Jl Diponegoro, Jl Djuanda, kemudian menuju Jl Merdeka, dan Taman Vanda. Setelah Jokowi dan Iriana sampai di Taman Vanda, karnaval berlanjut ke alun-alun Bandung. (bag/fjp)