Warga Mulai Berdatangan ke Lokasi Karnaval Kemerdekaan di Bandung

Mochamad Solehudin - detikNews
Sabtu, 26 Agu 2017 10:54 WIB
Foto: M Solehudin/detikcom
Bandung - Pelaksanaan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan, di Kota Bandung, Jawa Barat, akan dimulai pukul 14.00 WIB. Sejumlah persiapan terus dilakukan menjelang pelaksanaan berlangsung.

Untuk diketahui, Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan merupakan puncak peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia. Acara ini merupakan perhelatan ketiga kalinya setelah pada 2015 digelar di Kalimantan Barat bertajuk 'Karnaval Khatulistiwa' dan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba pada 2016.

Berdasarkan pantauan detikcom di area depan Gedung Sate, Jalan Dipenogoro, Kota Bandung, terlihat pihak panitia masih memasang panggung untuk tim paduan suara dari Universitas Parahyangan (Unpar). Selain itu, di area lokasi tampak tim paduan suara Unpar tengah menjalani latihan.

Warga juga mulai berdatangan ke area Jalan Diponegoro untuk menyaksikan secara langsung Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan, yang rencananya dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mereka ingin melihat dari dekat perhelatan istimewa ini.


"Pengen lihat, soalnya kelihatannya ramai. Makanya datang ke sini," kata Irna saat ditemui di sekitar Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (26/8/2017).

Sebagaimana diketahui, sebanyak 2.500 peserta akan ikut serta dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan, Karnaval ini merupakan puncak peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia.

Ribuan peserta karnaval tersebut berasal dari perwakilan budaya dari 13 provinsi, 20 kabupaten di Jawa Barat, serta 43 komunitas dan perwakilan dari berbagai daerah penyelenggara festival-festival terbaik di Indonesia, seperti Jember Fashion Carnaval.

"Ini (Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan) acara penutup dalam rangkaian bulan kemerdekaan pada 1 Agustus lalu. Ini penutup semoga meriah karena akan ada 2.500 peserta dari berbagai provinsi yang akan ikut meramaikan acara besok," kata Mensesneg Pratikno dalam konferensi pers, Jumat (25/8). (fjp/fjp)