DetikNews
Sabtu 26 Agustus 2017, 07:12 WIB

Heboh Kontroversi Lagu Garuda Pancasila Diremix Jadi Ajeb-ajeb

Cici Marlina Rahayu - detikNews
Heboh Kontroversi Lagu Garuda Pancasila Diremix Jadi Ajeb-ajeb Joshua March/Foto: dok. Screenshoot Instagram
Jakarta - Remix lagu 'Garuda Pancasila' memancing perdebatan di media sosial. Bolehkah lagu nasional ini di-remix jadi versi electronic dance music (EDM) alias 'ajeb-ajeb'?

Versi remix Garuda Pancasila ini diunggah oleh pemilik akun @joshua_march pada Jumat (25/8/2017). Seorang pria tampak duduk di dalam studio musik dan lagu 'Garuda Pancasila' versi EDM mengalun.

"3 Harian pacaran sama studio buat bikin cover lagu 'Garuda Pancasila' versi Ajeb Ajeb...Semoga pak @jokowi demen denger nya yak om @egikagi :) lancar lancar event tanggal 27 nya !!! Merdeka," tulis Joshua di akun Instagram-nya.

Ada dua video yang diunggah oleh Joshua dan keduanya sudah ditonton lebih dari 6.000 kali. Video Joshua kemudian diunggah ulang oleh akun-akun lain.


Komentar netizen terhadap versi remix dari lagu 'Garuda Pancasila' ini bervariasi. Ada yang memuji, namun ada juga yang lebih suka versi aslinya. Banyak juga yang mempertanyakan apakah boleh lagu 'Garuda Pancasila' di-remix jadi versi EDM, atau yang disebut Joshua, 'ajeb-ajeb'. Berikut ini beberapa komentarnya:

ratna.putri421: Maaf aku kurang suka, mending ngedit lgu nasional yg lain contohnya hymne guru, ato gugur pahlawanku ato apalah yg lagu nasional lain, jangan lg kebangsaan.

joesiregar: boleh kaaih saran bro? musik nya trlalu dominan pas dibagian reff jadi lirik lagu kurang terdengar jelas, nilai2 yg ada di lagu nya malah jadi berkurang., sekedar saran aja @joshua_march

dwiki_cj: Mnurut gw gak pantes, gw selaku pembuat edm eta terangkanlah, merasa miris,, itu menghilangkan aura nasionalisme, jika di ubah mixnya akan berubah jadi lagu2 parodi menghilangkan kemegahan lagu nasional itu sendiri

deajengpngst: SEMANGAT!!! GW SUKA!!! KEREN BANGET, gausah ciut walaupun banyak yang kontra bro loe kreatif banget!!!!!

zaimahabibah: Lagu kebangsaan tetep bagus yg asli tanpa diremix.

frsiswanto: Sangat tidak setuju!!! Original jauh lebih baik.

bimosasongkoo: Yang nyinyir pada gak ngerti undang2 kali ya. Yang gak boleh diubah komposisinya itu hanya lagu Indonesia Raya. Kalau lagu nasional bolej. Ojo katrok2 to.

santosonugroho1: Keren dan kreatif 😍. Semoga sudah ijin terlebih dahulu. Karn ini lagu nasional pasti cukup sensitif apalagi dengan lembaga kenegaraan.semangat terus.. Untuk kreatif...

Dimintai konfirmasi detikcom, Joshua March mengatakan lagu cover 'Garuda Pancasila' versi remix tersebut dibuat sendiri olehnya. Ia juga mengatakan cover lagu tersebut dibuat untuk mengikuti event Festival Bhinneka Tunggal Ika di Bintaro, Tangerang Selatan.

"Iya bikinan sendiri. Namanya event Bhinneka Tunggal Ika di daerah Bintaro," ujar Joshua saat dihubungi detikcom, Jumat (25/8).
(cim/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed