DetikNews
Jumat 25 Agustus 2017, 15:41 WIB

Wapres JK Puji KPK soal OTT Dirjen Hubla yang Terima Suap Rp 20 M

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Wapres JK Puji KPK soal OTT Dirjen Hubla yang Terima Suap Rp 20 M Wapres JK (Foto: Muhammad Taufiqqurahman/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) mengapresiasi penangkapan yang dilakukan KPK terhadap Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Antonius Tonny Budiono. Dia diduga menerima suap Rp 20,7 miliar.

"Kita menghargai KPK bisa menangkap hal-hal seperti itu untuk setidak-tidaknya menyadarkan," kata JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (25/8/2017).

Meski demikian, JK mengakui bila pengawasan terhadap seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di Indonesia bukanlah pekerjaan mudah. Di DKI Jakarta saja, menurut JK, ada 900 ribu PNS.

"Ya memang tidak semua bisa dijaga di mana pun apalagi kita negara besar begini, begini banyak pejabatnya, jangan lupa pegawai negeri di Jakarta saja 900 ribu, bagaimana bisa menjaga keseluruhan," ucapnya.

Sebelumnya, Tonny ditangkap pada Rabu, 23 Agustus lalu. Dia diduga menerima suap dari Komisaris PT Adhi Guna Keruktama (AGK) Adiputra Kurniawan terkait proyek pengerukan Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang. Nilai suap yang diterima Tonny terbilang fantastis, mencapai Rp 20,7 miliar.

Jumlah itu merupakan barang bukti terbanyak yang diamankan KPK dari sebuah operasi tangkap tangan.
(tfq/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed