DetikNews
Kamis 24 Agustus 2017, 15:51 WIB

Pemerintah Gelar Parade Peringati HUT Ke-50 ASEAN di Jakarta

Heldania Ultri Lubis, Denita BR Matondang - detikNews
Pemerintah Gelar Parade Peringati HUT Ke-50 ASEAN di Jakarta Jumpa pers soal kegiatan parade ASEAN (Denita/detikcom)
Jakarta - Dalam rangka memperingati HUT ke-50 ASEAN, Pemerintah RI akan menggelar Parade ASEAN pada 27 Agustus mendatang di Jakarta. Parade ini akan menampilkan pameran ragam kebudayaan dari 10 negara anggota ASEAN dengan jarak 2,2 km.

"Parade ASEAN dilaksanakan pada waktu car free day di hari minggu, dengan rute dari Monas menuju Thamrin dan ke bundaran HI dan akan ada panggung hiburan di Jalan Imam bonjol," kata Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI Jose Tavares kepada wartawan di gedung Palapa gedung Kemenlu di Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (24/8/2017).

Acara tersebut, lanjut Jose, akan diisi penampilan marching band, kontes foto, pemilihan duta, pameran seni, komunitas dan budaya, serta sharing sukses teori dari pengusaha sukses muda ASEAN. Acara ini juga akan dihadiri duta anak muda Indonesia, yakni Chelsea Islan dan Nicholas Saputra.

"Kemudian ada ASEAN Youth Race, di mana kita harapkan anak muda ASEAN melalui kemajuan mereka menggunakan media sosial menyuarakan pesan toleran kepada masyarakat ASEAN dan puncaknya pada parade ASEAN," imbuh Jose.

Jose mengatakan Indonesia turut serta merayakan HUT ke-50 ASEAN ini karena Indonesia merupakan salah satu negara pendiri. Sekaligus menjadi momen memperkuat figur Jakarta sebagai Ibu Kota Diplomasi negara ASEAN.

"Tapi satu lagi, kita ingin terus promosikan Jakarta sebagai Capital Diplomatic of South East Asia. Karena ASEAN sekretariat ada disini. Sudah sewajarnya kita memperkuat figur Jakarta, " imbuh Jose.

Nicholas dan Chelsea pun ingin, melalui parade ASEAN ini, baik negara maupun masyarakat, terutama anak muda seantero ASEAN, memanfaatkan acara ini untuk berkarya. Pun kerja sama antarnegara semakin erat.

"Dengan parade ini, kita akan bisa lebih aware dan maksimalkan potensi kerja sama regional ini. Dengan parade ini, semoga kita bisa menyuarakan ke pemuda Indonesia untuk semangat bersatu dan berkarya lebih baik. Dan yang paling penting, ini persatuan ASEAN. Kita adalah ASEAN, ASEAN adalah kita," kata Nicholas dan Chelsea bergantian.
(hld/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed