DetikNews
Kamis 24 Agustus 2017, 15:25 WIB

Kata Tetangga soal Jasriadi Pemimpin Sindikat Saracen

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Kata Tetangga soal Jasriadi Pemimpin Sindikat Saracen Foto: Sindikat Saracen penyebar isu SARA (ist)
Pekanbaru - Jasriadi, orang yang disebut sebagai pemimpin sindikat Saracen, penyebar isu SARA dan pornografi, ditangkap Mabes Polri. Jasriadi merupakan warga Pekanbaru dan dikenal baik oleh tetangganya.

Jasriadi ditangkap tim Mabes Polri di rumah kontrakannya, di Jl Kasah, Gang Salempayo, Kecamatan Marpoyan Damai. Pantauan di lokasi, pintu rumah kontrakan ini tertutup, begitu pula pintu garasinya. Rumah ini bercat putih dengan di sisi kiri ada pintu garasi. Tidak terlihat ada penghuninya.

Else Giofani (22), tetangga Jasriadi, mengatakan Jasriadi sudah tiga tahun tinggal di wilayah itu.

"Kami lebih dulu ngontrak di rumah ini, baru kemudian Bang Jas itu. Dia baru dua tahunan inilah tinggal di sebelah," kata Else saat ditemui detikcom, Kamis (24/8/2017).

Kata Tetangga Soal Jasriadi Pemimpin Sindikat SaracenSindikat Saracen, penyebar isu SARA



Else mengatakan Jasriadi dikenal baik di mata tetangga. Jas juga sesekali bermain ke rumah Else pada sore hari.

Menurut Else, Jas selama ini mengaku bekerja sebagai biro jasa. Biro jasa yang diklaim Jas adalah penyedia jasa guru privat dan rental mobil.

"Kalau ada anak-anak yang mau les privat, dia bisa menyediakan. Termasuk juga yang mau rental mobil. Itu pengakuannya selama ini," kata Else.

[Gambas:Video 20detik]



Di rumah tersebut, kata Else, tersangka ujaran kebencian itu tinggal bersama dua adik perempuannya. Kedua adiknya itu sudah bekerja. Namun Else tidak mengetahui di mana adik tersangka bekerja. Keduanya pun masih tinggal di rumah kontrakan tersebut.

"Dia mengaku asalnya dari Sorek (Inhu Riau). Sama kami dia baik sama juga dengan tetangga lainnya," kata Else.

Menurut Else, saat Jas ditangkap tim Mabes Polri, warga sekitar kaget. Mereka tak menyangka Jasriadi tersandung kasus UU ITE.

"Kami nggak nyangka kalau dia ditangkap polisi. Malam penangkapan polisi ramai datang ke sini. Awalnya kami nggak tau apa masalahnya, belakangan kami baru tahu (kasus UU ITE)," kata Else.

Masih menurut Else, seorang tetangganya malah ada yang menangis setelah mengetahui Jas ditangkap polisi.

"Jas sering beli rokok di warung sebelah. Nah, nenek yang punya warung itu menangis setelah tahu Jas ditangkap. Karena selama ini Jas itu sering ngobrol sama pemilik warung kalau lagi beli rokok," kata Else.

Tak hanya itu, kata Else, Jas juga sering membelikan jajanan anak-anak tetangganya. "Kalau dia lagi ke warung, terus ada anak-anak, dia suka belikan jajan," kata Else.

Walau demikian, katanya, keseharian Jas berada di dalam rumah. "Dia kebanyakan dalam rumah main komputernya," kata Else.

Else juga tidak pernah melihat ada tamu khusus di rumah itu. Keseharian Jas hanya menggunakan sepeda motor. "Saya belum pernah lihat kalau ada tamu yang singgah di rumah itu. Rumahnya sepi-sepi aja," tutur Else.

Jasriadi, menurut polisi, merupakan pemimpin sindikat Saracen. Dia ditangkap bersama 2 rekannya, yaitu Sri Rahayu dan MFT. Nama Jasriadi juga ada dalam website saracennews.com dan grup Facebook. Di sana dia memiliki jabatan ketua.

Kata Tetangga Soal Jasriadi Pemimpin Sindikat SaracenSindikat Saracen, penyebar isu SARA

(rvk/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed