DetikNews
Kamis 24 Agustus 2017, 15:12 WIB

Djarot: Setneg akan Serahkan Sertifikat Pengelolaan Bersama Monas

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Djarot: Setneg akan Serahkan Sertifikat Pengelolaan Bersama Monas Monas (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan Pemprov akan segera menerima surat pengelolaan lahan Monas. Djarot mengatakan Monas akan dikelola bersama Kementerian Sekretariat Negara (Setneg).

"Setneg akan memberikan surat kepada kita dalam tanda kutip untuk melepaskan atau menyerahkannya. Tapi dengan ketentuan bahwa pengelolaannya itu Setneg juga ikut bertanggung jawab, jadi bukan hanya DKI," kata Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (24/8/2017).

Setelah sertifikat diserahkan, menurut Djarot, Pemprov DKI dapat mengeluarkan anggaran untuk melakukan perbaikan Monas. Dia mengatakan pemanfaatan Monas nantinya tetap berkoordinasi dengan Setneg.

"Bisa saja untuk pembiayaan perbaikan perawatan kawasan Monas ikut kami. Tapi untuk pemanfaatannya tetap koordinasi sama Setneg," paparnya.

Djarot berharap nantinya sertifikat akan turun atas nama Pemprov DKI. Dia menyebut pemerintah daerah sudah siap untuk dapat mengelola Monas.

"Kalau menurut saya sebaiknya atas nama DKI karena apa? Karena kita setiap tahun menganggarkan untuk biaya perawatan pemeliharaan Monas. Sekaligus kita sudah punya unit untuk pngelola Monas," jelasnya.

Djarot menjelaskan perawatan Monas dan aset bersejarah lainnya terkendala sertifikat kepemilikan. Dengan tidak adanya sertifikat tersebut, Djarot khawatir dalam penganggaran perawatan aset akan menjadi temuan BPK.

"Selama ini sebagian besar kami yang biayai (perawatan aset). Termasuk yang Tugu Proklamasi itu kami. Tapi yang di Gedung Pola nggak berani kita. Nanti pelanggaran jadi temuan BPK," pungkasnya.


(fdu/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed