DetikNews
Rabu 23 Agustus 2017, 04:01 WIB

Cara Polisi Dekati Warga Perbatasan RI-Timor Leste Agar Taat Hukum

Audrey Santoso - detikNews
Cara Polisi Dekati Warga Perbatasan RI-Timor Leste Agar Taat Hukum Foto: Polisi di Timor Tengah Utara NTT bersosialisasi dengan warga. (Audrey-detikco)
Timor Tengah Utara - Polisi di Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), punya cara mendekati warga agar taat hukum. Masuk ke gereja hingga ikut berkebun dilakukan ke warga wilayah yang berbatasan langsung dengan Timor Leste itu.

"Di sini warganya masih kurang taat dengan hukum. Bagi saya, bagaimana masyarakat agar bersedia menaati aturan yang berlaku dalam undang-undang. Nah kita, Polri, harus menyatu dengan mereka," kata Kapolres TTU AKBP Rishian Krisna kepada detikcom di Gereja Santa Theresia, TTU, NTT, Selasa (22/8/2017).

Rishian mengatakan upayanya untuk menyatu dengan masyarakat adalah dengan terlibat dalam kegiatan sehari-hari warga. Karena warga TTU mayoritas memeluk agama Katolik, maka anggota polisi yang beragama Katolik diperintahkan mengambil peran dalam kegiatan misa di gereja.

"Dalam satu momen, kita jadikan sebagai dua strategi, yaitu strategi pembinaan terhadap anggota kami dan strategi membangun kemitraan dengan masyarakat. Salah satunya yang kita lakukan secara rutin di Gereja Theresia ini, di mana anggota kami menjadi bagian dari peribadatan," ujarnya.

Cara Polisi Dekati Warga Perbatasan RI-Timor Leste Agar Taat HukumFoto: Polisi di Timor Tengah Utara NTT bersosialisasi dengan warga. (Audrey-detikco)

Pantauan detikcom di Gereja Theresia, empat anggota polwan bertugas sebagai putri altar pada misa kemarin pagi. Ada juga beberapa anggota polisi yang bertugas sebagai pembawa persembahan umat ke altar.

Usai misa, Krisna dan beberapa pejabat polres berbincang dengan pastur yang memimpin ibadah di bangunan pendopo sebelah gereja. Krisna menyampaikan permintaan agar pastur turut mengimbau warga menjauhi minuman keras.

"Kalau melihat, angka kriminalitas terjadi karena minuman keras. Kalau boleh saya minta tolong agar Romo juga menyampaikan pada warga untuk tidak mengkonsumsi minuman keras," ucap Krisna kepada pastur tersebut.

Cara Polisi Dekati Warga Perbatasan RI-Timor Leste Agar Taat HukumFoto: Polisi di Timor Tengah Utara NTT bersosialisasi dengan warga. (Audrey-detikco)

Setelah mengunjungi gereja, Krisna memantau aktivitas warga di kebun yang dikelola anggota Bhabinkamtibmas dan sekelompok petani wanita setempat. Para petani wanita tersebut merupakan warga RT 011, 012, 013 dan 015 / RW 005 Kefamenanu Utara.

"Di sini Bhabinkamtibmas mengelola kebun bersama warga. Hasil kebunnya ada macam-macam seperti singkong, ubi, jagung yang merupakan makanan sehari-hari warga," ujar Krisna.

Cara Polisi Dekati Warga Perbatasan RI-Timor Leste Agar Taat HukumFoto: Polisi di Timor Tengah Utara NTT bersosialisasi dengan warga. (Audrey-detikco)

Krisna menjelaskan dengan hubungan polisi dan masyarakat yang cair, upaya aparat penegak hukum untuk menyadarkan masyarakat tentang aturan dan hukum menjadi lebih mudah. Krisna menerangkan sikap sadar hukum masyarakat di TTU pun mulai mengalami peningkatan.

"Dengan begini, polisi dan masyarakat dekat. Kita pun lebih mudah untuk memberi imbauan-imbauan," ucap dia.

"Misalnya saja tertib berlalu lintas, dulu sering kecelakaan yang mengakibatkan kematian karena tidak pakai helm. Sekarang Alhamdulillah kecelakaan sampai korbannya meninggal tidak ada. Masyarakat sudah sadar kalau mau naik motor, pakai helm," sambung Krisna.
(aud/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed