DetikNews
Rabu 23 Agustus 2017, 01:25 WIB

Menebak Arah Dukungan PAN di Pilgub Jabar

Baban Gandapurnama - detikNews
Menebak Arah Dukungan PAN di Pilgub Jabar Foto: Sekjen PAN Eddy Soeparno/Pool
Bandung - Pengujung gelaran Rakernas Ke-3 Partai Amanat Nasional (PAN) pada Rabu 23 Agustus dipastikan menelurkan poin-poin penting. Salah satunya soal sikap PAN untuk Pilgub Jabar 2018. Siapa sosok dipercaya partai berlambang matahari ini menjadi calon Jabar 1?

Jelang Pilgub Jabar 2018 mendatang, tiga nama calon kuat yang mencuat yaitu Deddy Mizwar, Dedi Mulyadi dan Ridwan Kamil. PKS-Gerindra memastikan mengusung Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu. Lalu PDIP-Golkar sepakat koalisi dan berpeluang menyiapkan tiket untuk Dedi Mulyadi. Sedangkan Ridwan Kamil didukung penuh NasDem.

Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan dari tiga figur tersebut memang belum mengerucut. Dalam tahapan Rakernas ini, PAN telah dengan seksama menggodok tokoh pilihan yang cocok melenggang ke panggung Pilgub Jabar.

"Mudah-mudahan besok (hari ini) rekomendasinya akan keluar," kata Eddy di sela-sela Rakernas Ke-3 PAN di Hotel Asrilia, Jalan Pelajar Pejuang 45, Kota Bandung, Jabar, Selasa (22/8/2017).

Terselip kata kunci dilontarkan Eddy sebagai acuan PAN merekomendasikan dukungan kepada satu nama calon. "Kembali lagi, kita berbasis survei," ucap pria berkacamata ini.

Hasil survei ibarat kunci wasiat bagi PAN guna memantapkan langkah politik berkaitan pesta demokrasi. Lantas dari tiga nama tersebut siapa yang paling berpeluang diusung PAN?

"Survei itu sekarang masih relatif dinamis, meskipun Ridwan Kamil konsisten menduduki posisi tertinggi dalam berbagai survei," tutur Eddy.

Tentu PAN menawarkan syarat tak mutlak kepada calon yang terpilih atas keputusan Rakernas. "Kita menghendaki kalau bisa kader PAN digandeng. Lebih gampang buat kita mengambil keputusan itu secara internal kalau cagub menggandeng kader PAN," ujar Eddy.
(bbn/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed