DetikNews
Rabu 23 Agustus 2017, 00:01 WIB

Ikut Dibawa KPK Terkait Suap 'Sapi-Kambing', GM PT ADI Bungkam

Faiq Hidayat - detikNews
Ikut Dibawa KPK Terkait Suap Sapi-Kambing, GM PT ADI Bungkam Ilustrasi (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - General Manager PT Aquamarine Divindo Inspection (ADI) Rachmadi Permana selesai diperiksa penyidik KPK terkait kasus suap bersandi 'sapi-kambing'. Rachmadi langsung menuju depan gedung KPK tanpa berkata apa pun.

Pantauan detikcom, Rachmadi keluar dari gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (22/8/2017), pukul 22.48 WIB. Rachmadi, yang mengenakan batik cokelat dan celana hitam, langsung mencari taksi untuk pulang. Selama berjalan, Rachmadi menunduk meski ditanyai para wartawan.

GM PT ADI usai Rachmadi Permana diperiksa penyidik KPKGM PT ADI Rachmadi Permana setelah diperiksa penyidik KPK. (Faiq/detikcom)

Sebelumnya, ada mobil yang masuk ke lobi dan membawa dua orang masuk ke gedung. Kedua orang itu adalah Dirut PT ADI Yunus Nafik dan General Manager PT ADI Racmadi Permana.

Keduanya langsung digiring penyidik KPK menuju lantai 2 gedung KPK. Yunus mengenakan kemeja warna putih, sedangkan Rachmadi mengenakan batik berwarna cokelat.

"Tadi sore kami bawa dua orang dari Surabaya dari pihak perusahaan dari PT ADI. Dua orang tersebut sampai di kantor KPK malam ini dan sedang dilakukan proses pemeriksaan lebih lanjut," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta, Selasa (22/8).

Kasus ini berawal dari gugatan yang dilayangkan Eastern Jason Fabrication Service (EFJS) Pte Ltd kepada PT ADI. Gugatan itu berkaitan dengan wanprestasi dan PT ADI digugat pembayaran ganti rugi senilai USD 7,6 juta dan SGD 131 ribu.

Pengacara PT ADI, Akhmad Zaini, pun bermain mata dengan panitera pengganti PN Jaksel Tarmizi agar gugatan itu ditolak. Agar tak terdeteksi KPK, mereka berkomunikasi dengan sandi 'sapi' untuk uang ratusan juta rupiah dan 'kambing' untuk uang puluhan juta rupiah.
(fai/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed