DetikNews
Selasa 22 Agustus 2017, 20:35 WIB

Polwan Ekspedisi ke Carstenz, Muri Beri 2 Rekor Dunia ke Polri

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Polwan Ekspedisi ke Carstenz, Muri Beri 2 Rekor Dunia ke Polri Kapolri menerima anugerah Muri. (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom)
Jakarta - Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) menganugerahkan dua piagam penghargaan rekor dunia kepada Polri. Penghargaan diberikan atas pencapaian tim ekspedisi Puncak Carstensz Polwan.

Pendiri Muri Jaya Suprana merasa terhormat bisa memberikan penghargaan ini. Menurutnya, rekor ini merupakan prestasi yang luar biasa bagi institusi kepolisan.
Penghargaan diberikan atas pencapaian tim ekspedisi Puncak Cartenzs Polwan.Penghargaan diberikan atas pencapaian tim ekspedisi Puncak Carstensz Polwan. (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom)

"Hadirin yang terhormat, biasanya adalah suatu kehormatan untuk menerima anugerah penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia, Muri. Tetapi terbalik, adalah suatu kehormatan diperkenankan untuk menganugerahkan penghargaan atas suatu prestasi yang sangat luar biasa," ujar Jaya di Wisma Bhayangkari Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jaksel, Selasa (22/8/2017).

Awalnya, menurut Jaya, rekor ini diajukan atas nama Indonesia. Namun pihaknya menolak dan justru memberikan rekor tersebut atas nama dunia karena belum pernah ada anggota polisi wanita yang mendaki gunung dengan tinggi 4.886 mdpl itu.

"Sangat rendah hati karena rekor ini diajukan sebagai rekor Indonesia setelah dipertontonkan, menyaksikan laporan dari ibu tadi, dengan berat hati, tanpa mengurangi penghargaan, kami terpaksa menolak ajuan rekor ini sebagai Indonesia. Rekor ini tidak layak oleh Indonesia karena belum pernah di dunia ini ada anggota kepolisian perempuan dan tidak satu, tetapi satu regu, itu berhasil mendaki gunung lebih dari 4.000 mdpl," tuturnya.
Penghargaan diberikan langsung kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan ibu asuh Polwan Polri Tri Karnavian.Penghargaan diberikan langsung kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Ibu Asuh Polwan Polri Tri Karnavian (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom)

Dua penghargaan ini diberikan karena pencapaian polisi wanita bisa mendaki Puncak Carstensz juga karena perayaan Hari Kemerdekaan yang tidak biasa dan menancapkan bendera Indonesia dan Tribata di puncak tertinggi Nusantara. Jaya mengungkapkan prestasi ini bisa menjadi panutan dunia.

"Rekor dunia dianugerahkan atas rekor upacara peringatan kemerdekaan, HUT RI, oleh Polwan bukan di Istana, tapi di puncak tertinggi Nusantara ini," imbuhnya.

Penghargaan diberikan langsung kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Ibu Asuh Polwan Polri Tri Karnavian. Hadir juga seluruh tim ekspedisi ini lengkap mengenakan dengan seragam polisi dan kalungan bunga.
(knv/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed