DetikNews
Selasa 22 Agustus 2017, 20:17 WIB

Komjen Buwas: Napi Narkoba Tak Perlu Dapat Remisi

Ibnu Hariyanto - detikNews
Komjen Buwas: Napi Narkoba Tak Perlu Dapat Remisi Kepala BNN Komjen Budi Waseso (Yulida/detikcom)
Jakarta - Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen Budi Waseso (Buwas) menginginkan pemerintah mengevaluasi aturan pemberian remisi kepada narapidana kasus narkotika. Menurut Buwas, napi narkotika seharusnya tak perlu mendapatkan remisi.

"Kalau saya pribadi, nggak usah pakai remisi. Untuk mengatasinya, sesuai dengan perintah Presiden, yang bertugas di lapangan selesaikan. Terus kita sama-sama menangkal itu dan mencegah. Pelaku-pelaku yang sudah residivis tidak usah lagi ada remisi," kata Buwas di kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (22/8/2017).

Buwas menyebut, meski sudah dipenjara dan terancam dihukum mati saja, sindikat narkoba masih terus bekerja, apalagi mendapatkan remisi. Dia menilai pemberian remisi malah membuat para sindikat narkoba tak jera.

"Pemberian-pemberian remisi itu akan memberi daya kekuatan dia, kepercayaan diri, 'Jadi nggak apa-apa, nanti dapat remisi. Jadi nggak apa-apa kita melakukan.' Anggapannya seperti itu," ujarnya.

Buwas menuturkan napi narkoba harusnya ditindak tegas dan diberi hukuman yang berat. Dengan hukuman yang berat tersebut, peredaran narkotika di Indonesia bisa ditekan. Buwas juga menyarankan pemerintah Indonesia berkaca pada negara-negara tetangga yang memberikan hukuman yang berat kepada pelaku kejahatan narkotika.

"Jadi harusnya khusus untuk kejahatan narkotika kita tegas, keras. Kenapa Malaysia, Singapura, tidak bisa berkembang peredaran narkoba di sana, karena hukumannya tegas sampai saat ini. Pemakai bisa dihukum mati. Selesai, tidak pakai lambat-lambat. Terbukti, putusan pengadilan ketuk langsung hukuman mati," ucapnya.
(ibh/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed