DetikNews
Selasa 22 Agustus 2017, 19:59 WIB

KedaiKOPI: Generasi Z Paling Tak Suka Macet Jakarta

Idham Kholid - detikNews
KedaiKOPI: Generasi Z Paling Tak Suka Macet Jakarta Ilustrasi macet Jakarta (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) melakukan survei soal kemacetan Kota Jakarta. Hasilnya, kemacetan di Ibu Kota saat ini menjadi masalah utama bagi generasi Z.

"Sebesar 60,5 persen generasi Z mengatakan macet merupakan hal yang paling tidak mereka sukai dari Jakarta," ujar founder lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, Selasa (22/8/2017).

Selain macet, generasi Z Jakarta menilai Jakarta belumlah sepenuhnya rapi dan bersih. Sebesar 16,5 persen responden menyebut masih banyaknya daerah kumuh dan sampah berserakan sebagai hal kedua yang tidak disukai generasi Z dari Jakarta.

"Hal lain yang tidak mereka sukai dari Jakarta adalah kriminalitas, banjir, kualitas SDM yang masih rendah, serta masyarakat yang masih dianggap kurang bersahabat," ujar Hendri.

Sementara itu, Deputi Direktur KedaiKOPI Vivi Zabkie menambahkan, generasi Z menyampaikan beberapa poin positif. Menurut generasi Z, Jakarta tetaplah kota menarik. Destinasi wisata yang beragam membuat 27,5 persen generasi Z merasa nyaman tinggal dan beraktivitas di Jakarta.

"Seimbang dengan ramainya suasana kuliner dan budaya yang beragam, sebanyak 27,5 persen. Kemajuan di bidang transportasi juga menjadi daya tarik Jakarta, 16,5 persen responden menyebut inilah yang membuat mereka menyukai Ibu Kota," kata Vivi.

Sebanyak 13,0 persen generasi Z menganggap infrastruktur Jakarta tumbuh pesat dibanding negara lain. Sedangkan 11,5 persen responden menilai Jakarta sebagai pusat aktivitas negara dan ekonomi sebagai hal menarik lain dari Jakarta.

Lewat wawancara tatap muka, generasi Z menaruh sejumlah harapan pada Jakarta. Sebesar 38 persen responden berharap kemacetan bisa hilang, 28,5 persen berharap Jakarta menjadi kota yang nyaman untuk ditinggali serta 15,5 persen berharap Jakarta lebih maju lagi di bidang ekonomi, transportasi, dan pendidikan.

"Generasi muda ini juga berharap, Jakarta memiliki pemimpin lebih baik, transparan, dan tak hanya janji," tutur Vivi.

Generasi Z adalah kelompok usia yang lahir pada 1995-2010. Mereka akan menjadi kelompok usia produktif di Indonesia pada 2025-2035, saat Indonesia diprediksi bakal menikmati demographic bonus.

Survei KedaiKOPI terhadap generasi Z dilakukan pada 7-8 Agustus 2017 di 12 sekolah dan 3 universitas di Jakarta. Generasi Z yang dijaring dalam survei ini berusia 14-22 tahun.

Survei ini dilakukan dengan 200 responden tersebar di lima kota madya di Provinsi DKI Jakarta. Responden dipilih melalui metode stratified random sampling di 12 sekolah dan 3 universitas di DKI Jakarta dengan margin of error +/‐ 7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
(idh/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed