DetikNews
Selasa 22 Agustus 2017, 18:00 WIB

Bertemu Partai Komunis Vietnam, Komisi I DPR: Tak Bahas Ideologi

Denita BR Matondang - detikNews
Bertemu Partai Komunis Vietnam, Komisi I DPR: Tak Bahas Ideologi Sekjen Partai Komunis Vietnam menemui pimpinan DPR (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Sekjen Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong baru menggelar pertemuan dengan pimpinan DPR dan Komisi I. Wakil Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menegaskan pertemuan tak menyinggung soal ideologi.

"Tidak ada bahasan tentang ideologi," ujar Meutya di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (22/8/2017).

Meutya mengatakan Nguyen dengan DPR membahas soal perdagangan hingga investasi. Termasuk menjaga keamanan Laut China Selatan.

"Kita bicara tentang perdagangan, kerja sama kawasan, kecuali kita bahas yang lain, kita hanya membahas itu. Kerja sama menjaga kawasan di Laut China Selatan, investasi kita dan meningkatkan perdagangan ini," ucap politikus asal Golkar ini.

Meutya menghargai Vietnam yang menganut paham sosialis. Ia tidak mau ikut campur soal ideologi yang dianut Vietnam.

"Kalau di Indonesia, kita punya kewenangan untuk memastikan, ada aturan itu dilarang. Kalau di negara lain, kita harus menghargai kedaulatan negara lain itu," kata Meutya.

Sementara itu, Novanto mengapresiasi pertemuannya dengan Nguyen. Dalam pertemuan, DPR juga memberikan dukungan kepada Vietnam untuk menaikkan nilai perdagangan kedua negara.

"DPR RI memberikan dukungan atas usaha pemerintah Indonesia dan Vietnam yang sepakat menaikkan nilai perdagangan kedua negara secara bertahap dari USD 6,3 miliar pada 2016 menjadi USD 10 miliar pada 2018," imbuh Novanto.

Seperti diketahui, Nguyen mengawali kunjungannya hari ini ke MPR. Setelah ke MPR, Nguyen dan rombongan menyambangi DPR dan DPD.
(dkp/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed