DetikNews
Selasa 22 Agustus 2017, 17:33 WIB

Bertemu Sekjen Partai Komunis Vietnam, OSO Bahas Kopi

Denita BR Matondang - detikNews
Bertemu Sekjen Partai Komunis Vietnam, OSO Bahas Kopi Foto: Denita/detikcom
Jakarta - Ketua DPD Oesman Sapto Odang (OSO) sempat membahas kopi Vietnam saat menerima kunjungan Sekjen Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong. OSO mengaku belum membahas hal yang lebih strategis dalam pertemuan tersebut.

"Tadi ngobrol soal kopi Vietnam karena di sana banyak kopi," ujar OSO di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (22/8/2017).

Namun OSO belum mendapatkan cendera mata berupa kopi Vietnam. Dia mengaku baru memintanya dalam pertemuan tersebut.

"Belum (dikasih), baru juga mau minta. Dia menjelaskan hubungan kita tambah baik, meningkat, tapi ekonomi lebih perlu ditingkatkan lagi, dan dia lebih banyak mengarah kepada ekonomi di mana mempercepat pertumbuhan kedua negara ini di bidang ekonomi," katanya.

OSO belum membahas hal yang lebih rinci soal hubungan Indonesia-Vietnam karena Nguyen belum bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Dia berharap kunjungan Nguyen meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi kedua negara.

"Nggak ada (pembahasan khusus), umum, karena dia kan belum ketemu Presiden, mungkin setelah itu, jangan kita mendahului, kita tunggu saja hasilnya nanti. Tapi yang jelas bahwa hubungan Indonesia dengan Vietnam semakin meningkat, terutama di bidang ekonomi, kita kan masih impor beras juga kan," imbuhnya.

OSO mengatakan kunjungan Nguyen juga menghasilkan kerja sama parlemen kedua negara. "Dengan bertemunya ini sudah otomatis kerja sama satu sama lain, kita harapkan juga hubungan kita lebih baik. Parlemen kita dengan parlemen dia," ungkapnya.

OSO dan Nguyen juga sempat melepas canda soal pertandingan sepak bola Indonesia melawan Vietnam malam nanti. OSO menyampaikan kepada Nguyen bahwa dirinya yakin Indonesia menang.

"Saya pegang Indonesia-lah, tadi dia bilang, bagaimana mendapat Anda katanya pertandingan nanti dengan Vietnam, saya bilang mudah-mudahan Indonesia menang, kenapa? Karena Anda sedang menjadi tamu saya di sini," ucapnya.

Nguyen pun berjanji merayakan kemenangan Indonesia. "(Nguyen bilang) ah iya kalau menang nanti saya rayakan," tutur OSO meniru ucapan Nguyen.
(nvl/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed