500 Ekor Tukik Dilepas di Pantai Sarangan Bali

Mega Putra Ratya - detikNews
Selasa, 22 Agu 2017 15:24 WIB
Foto: Dok PT Pertamina
Denpasar - 500 ekor tukik dilepas di Pantai Sarangan, Denpasar, Bali. Pelepasan tukik ini dalam rangka merayakan HUT ke-72 RI.

"Salah satunya ditunjukkan dengan keterlibatan TBBM Sanggaran dalam upaya pelestarian penyu atau tukik yang merupakan salah satu hewan yang dilindungi," ujar Operation Head Terminal BBM Sanggaran La Imbo dalam keterangan tertulis, Selasa (22/8/2017).

Kegiatan ini bagian dari program CSR Pertamina 'Save Our Turtle'. Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan BKSDA Bali, BPSPL Denpasar, PHDI Bali, Pertamina Marketing Branch Bali, DPPU Ngurah Rai, TBBM Manggis, Hiswana Migas, serta Masyarakat Desa Serangan.

La Imbo mengatakan, Pertamina khususnya TBBM Sanggaran memiliki perhatian besar pada upaya pelestarian lingkungan. Termasuk di dalamnya upaya menjaga keanekaragaman hayati dan ekosistem.

La Imbo melanjutkan, dalam beberapa tahun terakhir Pertamina TBBM Sanggaran telah bekerja sama dengan Turtle Conservation Education Center (TCEC)) Serangan dalam rangka penangkaran penyu. Termasuk mensosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Bali pada umumnya untuk turut menjaga kelestarian populasi penyu.

Selain itu, sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan di sekitar pantai, sebelum acara pelepasan tukik juga dilakukan aksi bersih-bersih pantai atau coastal clean up. Aksi pembersihan sampah plastik yang berserakan dilakukan di sepanjang pantai Serangan.
500 Ekor Tukik Dilepas di Pantai Sarangan BaliFoto: Dok PT Pertamina

Seluruh peserta terlihat sangat antusias. Bahkan beberapa wisatawan asing maupun domestik yang kebetulan berada di Pantai Serangan juga turut bergabung untuk bersama-sama menyaksikan pelepasan tukik tersebut.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini populasi penyu dapat bertambah dan masyarakat luas semakin sadar akan pentingnya perlindungan terhadap satwa dilindungi. Di samping itu, kebersihan lingkungan sekitar menjadi poin utama untuk tetap dijaga karena dengan demikian secara tidak langsung kita ikut terlibat dalam menjaga kelestarian alam yang ada dan mendukung pertumbuhan penyu di laut lepas," ujar Marketing Branch Manager Bali & NTB, I Ketut Permadi Aryakuumara.

Ketut menambahkan, Pertamina akan terus melakukan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan pelestarian lingkungan dan konservasi alam, pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial Pertamina kepada masyarakat khususnya di wilayah Bali.

"Kami berterima kasih kepada seluruh masyarakat Bali yang telah mendukung Pertamina dan selalu menggunakan produk-produk unggulan Pertamina sehingga Pertamina tetap dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi kesejahteraan masyarakat," tuturnya. (ega/nwy)