DetikNews
Selasa 22 Agustus 2017, 14:53 WIB

Beda Gaya Jokowi dan Trump Saat Lihat Gerhana Matahari

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Beda Gaya Jokowi dan Trump Saat Lihat Gerhana Matahari Trump tak memakai kacamata saat menyaksikan gerhana matahari. (Dok. Getty Images)
Jakarta - Gerhana matahari menjadi fenomena alam menarik bagi semua orang. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyaksikan fenomena alam langka ini.

Gerhana matahari baru saja terjadi di Amerika Serikat pada Senin (21/8/2017) waktu setempat. Sedangkan di Indonesia, gerhana matahari terjadi tahun lalu, yakni pada Rabu, 9 Maret 2016.

Untuk melihat gerhana matahari semestinya digunakan alat bantu, seperti kacamata khusus. Tapi Presiden AS Donald Trump malah menatapnya secara langsung.
Trump juga menunjuk-nunjuk ke arah matahari, tanpa mengenakan kacamata.Trump juga menunjuk-nunjuk ke arah matahari, tanpa mengenakan kacamata. (AFP PHOTO/NICHOLAS KAMM)

Trump menyaksikan gerhana matahari bersama istrinya, Melania Trump. Tetapi Melania tetap menggunakan kacamata hitam.

Trump mengenakan setelan jas resmi saat menyaksikan gerhana matahari. Istrinya pun memakai gaun.

Presiden RI Jokowi juga menyaksikan gerhana matahari tahun lalu. Namun Jokowi tetap memakai kacamata khusus.

Kebetulan pada waktu itu di Indonesia bertepatan dengan hari raya Nyepi. Jokowi pun berpakaian santai saat menonton gerhana, yakni mengenakan kemeja putih lengan panjang dan sarung.

[Gambas:Video 20detik]


Beda Gaya Jokowi dan Trump Saat Lihat Gerhana MatahariFoto: Instagram Jokowi

"Menyaksikan gerhana matahari dari halaman Istana Bogor. Fenomena alam yang luar biasa. Inilah tanda-tanda kekuasaan Allah, kebesaran Allah," kata Jokowi lewat akun Instagram resminya saat itu.
Beda Gaya Jokowi dan Trump Saat Lihat Gerhana MatahariFoto: Instagram Jokowi

Untuk diketahui, paparan sinar matahari saat gerhana berbahaya bagi mata. Biasanya korban tidak menyadari retina matanya rusak karena paparan sinar matahari. Retina tidak memiliki reseptor rasa sakit sehingga tidak disadari oleh korban.
(bag/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed