DetikNews
Selasa 22 Agustus 2017, 03:34 WIB

Polisi Gelar Pra-rekonstruksi Pembakaran Gedung Rektorat Unimal

Datuk Haris Molana - detikNews
Polisi Gelar Pra-rekonstruksi Pembakaran Gedung Rektorat Unimal Foto: Datuk Haris Molana/ detikcom
Lhokseumawe - Satuan Reskrim Polres Lhokseumawe bersama tim Pusat Laboraturium Forensik (Puslabfor) cabang Medan, Sumut melakukan pra-rekonstruksi terhadap kasus pembakaran gedung rektorat Universitas Malikussaleh (Unimal) di Aceh Utara, Aceh.

Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe AKP Budi Nasuha Waruwu mengatakan, pra-rekontruksi dilakukan untuk menemukan bukti-bukti baru antara BAP tersangka dengan kejadian sebenarnya di lapangan.

"Kita melakukan identifikasi dan pengecekan kebakaran. Kemudian prarekontruksi oleh tim Puslabfor. Tujuannya untuk mensinkronkan atau menemukan bukti-bukti baru antara BAP dengan kejadian sebenarnya," kata Budi kepada wartawan, Senin (21/8/2017).

Dia menambahkan, dari pra-rekonstruksi ada temuan baru seperti pemecahan kaca jendela. Awalnya hanya ada sekali pemecehan kaca jendela namun dalam prarekontruksi terkuak adanya dua kali pemecahan kaca jendela.

Budi menjelaskan, setelah tersangka membakar ruang rektorat dia kemudian mencari ruang server di belakang. Saat itu dia memecahkan satu jendela ternyata bukan ruang server kemudian memecahkan lagi satu jendela di sebelahnya dan itu adalah ruang server. Setelah memecahkan jendela ruang server, dia langsung menyiramkan minyak dan membakar ruang tersebut. Namun belum sempat hangus semuanya.

"Intinya dia memang berniat untuk melakukan penghancuran atau pembakaran terhadap server itu," terang Budi.

Diberitakan sebelumnya SA, (34) tersangka pembakar gedung rektorat Universitas Malikussaleh (Unimal) mengaku nekat membakar gedung lantaran sakit hati dipecat sepihak sebagai petugas perlengkapan (teknisi listrik) di kampus tersebut.

Sebelum dipecat, pelaku sempat meminta kepada Unimal agar dia dan istrinya yang bestatus honor bakti diangkat menjadi pegawai namun sampai sekarang tidak dinaikkan statusnya itu oleh pihak Unimal.

Ikhwal dari situlah dia nekat melakukan aksinya dengan membakar gedung utama pusat administrasi Unimal di Reuleut, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Aceh, Jumat (18/8) sekitar pukul 07.00 WIB.
(nkn/nkn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed