DetikNews
Minggu 20 Agustus 2017, 19:33 WIB

Didukung Projo untuk Pilgub Jatim, Khofifah Akan Laporan ke Jokowi

Rois Jajeli - detikNews
Didukung Projo untuk Pilgub Jatim, Khofifah Akan Laporan ke Jokowi Khofifah Indar Parawansa dan Projo Jatim (Rois Jajeli/detikcom)
Jakarta - Khofifah Indar Parawansa sampai sekarang ini belum meminta restu ke Presiden Jokowi untuk maju sebagai bakal calon gubernur (bacagub) Jawa Timur di Pemilihan Gubernur Jatim 2018. Ormas pendukung Jokowi, yakni Projo Jawa Timur optimis jika Khofifah serius maju, Presiden Jokowi akan merestuinya.

"Apa yang sedang berkembang di Jawa Timur, support dari berbagai elemen, termasuk muncul dari Projo. Saya tentu menyampaikan terima kasih semuanya. Kami akan menyampaikannya ke Pak Presiden Jokowi," kata Khofifah Indara Parawansa disela menghadiri HUT ke 3 Projo 'Bekerja Bersama Mengawal Nawacita' di gedung kesenian Cak Durasim, Jalan Genteng Kali, Surabaya, Minggu (20/8/2017).

Khofifah mengatakan, dirinya sekarang ini masih memegang mandat dari Presiden sebagai Menteri Sosial, dan tetap dilaksankan kinerjanya semaksimal mungkin.

Sedangkan dalam menghadapi Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018, Khofifah tetap melihat dinamika yang berjalan di Jawa Timur. Termasuk melakukan cek sound-yang selesai dilakukan pada Juli, dan menyamakan frekuensi pada Agustus ini.

Kapan akan melaporkan hasil cek sound dan kondisi frekuensi terhadap dukungannya sebagai calon gubernur Jatim di Pilgub Jatim 2018 mendatang, ke Presiden Jokowi?

Didukung Projo untuk Pilgub Jatim, Khofifah Akan Laporan ke JokowiKhofifah Indar Parawansa dan Projo Jatim (Rois Jajeli/detikcom)
"Tunggu saat yang tepat. Nggak usah pakai bilang bulan-bulannya. Jika pada saatnya kita sudah selesai melakukan proses prakondisi dan selesai melaporkan kepada presiden, baru kemudian keputusan diambil. Ojo gopoh-gopoh (jangan tergesa-gesa)," jelasnya.

Ketua Umum PP Muslimat NU ini juga enggan menyatakan berapa partai politik yang siap mendukung dan mengusungnya di Pilgub Jatim.

"Jangan bilang berapa-berapanya. Tapi, insyaallah sudah lebih dari cukup untuk berangkat," tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Projo Jawa Timur Suhandoyo mengatakan, banyak dukungan dari simpatisan dan kader Projo terhadap bacagub Khofifah.

"Bu Khofifah memiliki hak politik. Tentu hal ini tidak boleh dihalang-halangi oleh siapa pun. Pak Presiden Jokowi pun ketika Mbak Khofifah sudah bersiap diri, tentu tidak mungkin Pak Presiden akan menghalang-halanginya," katanya.

Ia menegaskan kembali, maju tidaknya Khofifah sebagai cagub Jatim tetap ada pada Khofifah.

"Tergantung Mbak Khofifah. Kalau beliau sudah siap maju, kenapa tidak. Pak Jokowi pasti akan merestuinya," jelasnya.

Hadiri HUT ke 3 Projo, Khofifah Disambut Simpatisan Projo

Khofifah menghadiri undangan DPD Projo Jatim untuk menghadiri peringatan HUT ke 3 Projo di gedung kesenian Cak Durasim. Saat hadir, Menteri Sosial itu disambut simpatisan Projo di halaman maupun di pendopo gedung Cak Durasim.

"Saya tertarik hadir karena tema-nya. Kalau mengawal Nawacita, artinya kita untuk bisa mengawal komitmen pemerintah yang sudah disampaikan ke publik pada saat Presiden Jokowi-JK selesai dilantik. Maka ada sembilan gatra yang itu menjadi bagian komitmen," ujarnya.

Secara spesifik program Nawacita yang berkaitan dengan tugas Kemensos yakni, pada sisi Kebhinnekaan. Kemudian pada sisi perlindungan sosial yang komprehensif dan peningkatan SDM.

"Jadi ada tiga yang berkaitan langsung dengan tugas dan fungsi Kementerian Sosial," jelas Khofifah.
(roi/dnu)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed