DetikNews
Minggu 20 Agustus 2017, 12:05 WIB

Polisi: First Travel Sudah Kumpulkan Rp 700 M dari Jamaah

Mei Amelia R - detikNews
Polisi: First Travel Sudah Kumpulkan Rp 700 M dari Jamaah Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto (Foto: Dewi Irmasari-detikcom)
Jakarta - Selama beroperasi, First Travel telah mengumpulkan sekitar 72 ribu calon jamaah umrah. Dari 72 ribu itu, dana yang terkumpul sekitar Rp 700 miliar dan sebagian jamaah belum diberangkatkan.

"Bahwa 72 ribu yang telah daftar di First Travel sudah membayar dengan jumlah lebih dati Rp 700 miliar dana yang terkumpul," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Minggu (19/8/2017).

Setyo mengungkap, dari 27 ribu calon jamaah itu, tidak sampai 50 persennya yang diberangkatkan First Travel. "Yang berangkat itu baru 14 ribu," ucapnya.

Setyo mengatakan, pihaknya saat ini masih terus melakukan penelusuran terhadap aset-aset First Travel. Sejauh ini, polisi baru menyita rumah bos First Travel Andika Surachman dan istri, Anniesa Hasibuan di Sentul, juga kantor dan sejumlah kendaraan mewah.

"Sebab itu saat ini Polri sedang melakuan penelitan aset atau tracing. Semoga kami bisa ketahuan aset-asetnya di mana. Baik aset bergerak maupun tidak bergerak," imbuhnya.

Sementara polisi juga telah mengetahui bahwa bos Travel memiliki utang yang cukup besar. Andika dan Anniesa sampai menjaminkan rumah mewahnya untuk menutupi utang tersebut.

"Hari ini saya mendapat laporan, bahwa tersangka atas nama AH utang kepada dua orang (yaitu) kepada yang mengurus tiket, itu sebesar Rp 80 miliar. Dan kepada yang mengurus hotel dan konsumsi di Arab Saudi sebesar Rp 24 miliar. Jadi total ada uutang Rp 104 miliar," lanjutnya.


(mei/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed