DetikNews
Minggu 20 Agustus 2017, 11:27 WIB

Bendera RI Terbalik di Malaysia, Jokowi: Tak Usah Dibesar-besarkan

Danu Damarjati - detikNews
Bendera RI Terbalik di Malaysia, Jokowi: Tak Usah Dibesar-besarkan Foto: Presiden Joko Widodo di Thamrin (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta -
Bendera Merah Putih terbalik di buku suvenir SEA Games 2017 Kuala Lumpur Malaysia. Presiden Jokowi menyesalkan insiden gambar bendera Indonesia yang terbalik itu.

"Kita sangat menyesalkan kejadian seperti itu," kata Jokowi usai pembagian sertifikat tanah di Lapangan Park and Ride, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (20/8/2017).



Namun demikian, Jokowi meminta agar masalah ini tidak perlu ditanggapi berlebihan oleh semua masyarakat Indonesia. Saat ini, Jokowi menunggu permohonan maaf dari Negeri Jiran sebagai tindak lanjut insiden itu.

"Tetapi tidak usah dibesar-besarkan lah," kata Jokowi.

Masalah ini menyangkut rasa nasionalisme Indonesia. Sang Saka Merah Putih dihormati oleh rakyat Indonesia. Maka kelalaian pemasangan gambar Bendera harus disusul permintaan maaf dari Malaysia.

"Kita menunggu permintaan maaf dari pemerintah Malaysia, karena menyangkut sebuah kebanggaan, nasionalisme dari bangsa kita Indonesia. kita tunggu permintaan maaf resmi," tutur Jokowi.

"Tidak usah dibesarkan-besarkan," tandas Jokowi, mengulangi pesannya.
(dnu/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed