DetikNews
Minggu 20 Agustus 2017, 11:12 WIB

Duh! Bendera Indonesia Terbalik Juga Tercetak di Koran Malaysia

Dwi Andayani - detikNews
Duh! Bendera Indonesia Terbalik Juga Tercetak di Koran Malaysia Bendera Indonesia terbalik di koran Malaysia / Foto: Istimewa
Jakarta - Tak cuma di buku panduan SEA Games, gambar bendera Indonesia terbalik ternyata juga tercetak di koran Malaysia. Hal itu sangat disesalkan.

"Sebagai negara tetangga, yang bersahabat tentunya harus dicek kenapa terjadi salah cetak. Karena salah cetak tersebut terjadi di buku panduan, kemudian juga ada koran di sana juga salah cetak terbalik warnanya bukan merah putih tapi putih merah," kata Menkominfo Rudiantara di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (20/8/2017).



Dari gambar yang beredar, bendera Indonesia tercetak terbalik di salah satu halaman surat kabar Malaysia. Bendera Indonesia tercetak putih-merah, bukan merah-putih di artikel berjudul 'Mencari Jagoan'.

Rudiantara berharap ada pemintaan maaf khusus dari Malaysia soal kesalahan ini, bukan hanya lewat media sosial. Seperti diketahui, Menpora Malaysia sudah meminta maaf soal hal itu lewat Twitter.

"Itu harus segera diurus, walaupun pihak Malaysia sudah meminta maaf melalui surat terbuka, tapi ini tetap harus diselesaikan. Tidak bisa hanya selesai hanya dengan minta maaf yang terbuka, katakan lah disebarkan melalu media sosial," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, bendera Indonesia terpasang terbalik di buku suvenir SEA Games 2017. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang mengetahui hal tersebut di tengah-tengah acara pembukaan merasa kecewa berat.


(imk/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed