DetikNews
Minggu 20 Agustus 2017, 10:29 WIB

Gempa 'Unik' Mengguncang Muara Enim Sumsel

Fajar Pratama - detikNews
Gempa Unik Mengguncang Muara Enim Sumsel Ilustrasi gempa/Foto: Mindra Purnomo
Jakarta - Pada Minggu pagi tadi terjadi gempa yang mengguncang Muara Enim, Sumatera Selatan. BMKG menyatakan gempa ini tergolong unik dan sangat jarang.

Berdasarkan informasi dari BMKG, gempa itu terjadi pada Minggu, 20 Agustus 2017 pukul 08.06.20 WIB, di wilayah Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan diguncang. Gempa yang mengguncang ini jenis tektonik.

Hasil analisis update BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=5,0 terjadi dengan episenter terletak pada koordinat 4,21 LS dan 103,78 BT tepatnya di darat pada jarak 32 km arah Barat Daya Ogankomeringulu, Propinsi Sumatera Selatan pada kedalaman 10 km.

"Gempa ini cukup unik dan menarik perhatian, karena di wilayah ini selama ini jarang terjadi gempa. Karena secara seismisitas aktivitas kegempaan di wilayah ini sangat rendah," kata Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono dalam keterangannya, Minggu (20/8/2017).

Daryono mengatakan dampak gempabumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa guncangan gempa ini dirasakan di daerah Gunung Megang, Medingin, Belayan, Sukaraja, Baturaja, Kebonagung, dan Pangandonan dalam skala intensitas II SIG BMKG atau III MMI. Di daerah ini, kata Daryono, beberapa warga sempat berhamburan lari keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Sementara di Kota Pagaralam, Muaraenim, Lahat, dan Liwa gempa dirasakan lemah dalam skala intensitas I SIG-BMKG atau II MMI.

"Gempabumi Muaraenim ini jika dilihat dari lokasi serta kedalamannya merupakan jenis gempabumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar aktif dengan mekanisme sumber sesar mendatar (strike-slip fault)," ujar Daryono.

Hingga pukul 08.40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Muaraenim dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Gempa ini diperkirakan tidak akan menimbulkan gempa susulan yang lebih besar," pungkas Daryono.
(fjp/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed