DetikNews
Minggu 20 Agustus 2017, 10:23 WIB

Nama Jokowi Hingga Ahok Diabadikan di Prasasti Simpang Susun Semanggi

Hary Lukita Wardani - detikNews
Nama Jokowi Hingga Ahok Diabadikan di Prasasti Simpang Susun Semanggi Prasasti Simpang Susun Semanggi / Foto: Lukita-detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Simpang Susun Semanggi tepat di Hari Kemerdekaan Indonesia, Kamis (17/8). Nama Basuki Tjahaja Purnama dan Jokowi diabadikan dalam prasasti bertulisakan 'Semanggi'.

Prasasti tersebut berada di kolong Jembatan Semanggi, tepatnya di taman depan Plaza Semanggi. Prasasti tersebut berbentuk trapesium dan berwarna cokelat, dengan ukuran sekitar 1,5 meter.

Selain itu, pada setiap huruf di prasasti tersebut terdapat sejarah Jembatan Semanggi. Ada juga cerita proses pembangunan Simpang Susun Semanggi.

Saat peresmian malam itu, prasasti itu menjadi daya tarik bagi seluruh warga yang menyaksikan. Presiden Jokowi dan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri juga ikut melihat dan membaca sejarah yang tertulis pada prasasti itu.

Megawati dan Djarot Dalam Peresmian Simpang Susun SemanggiMegawati dan Djarot Dalam Peresmian Simpang Susun Semanggi Foto: Lukita/detikcom


Huruf S menuliskan tentang sejarah Jembatan Semanggi yang dibangun pada tahun 1961. Jembatan itu dibangun oleh Ir. Sutami (Menteri Pekerjaan Umum tahun 1967-1978) untuk menyiapkan pesta olahraga Asian Games ke-4.

Lanjut ke huruf E, di situ bertuliskan makna dari Semanggi. Semanggi merupakan jenis tanaman air dari kelompok paku air (Salviniales) termasuk dalam keluarga Marsileaceae.

Huruf M bertuliskan rekam sejarah Jembatan Semanggi, sedangkan A hingga N menceritakan proyek pembangunan Simpang Susun Semanggi. Pada huruf G pertama ada Reinkarnasi Semangat Sutami, dan G kedua terdapat susunan orang-orang yang terlibat dalam proyek Simpang Susun Semanggi.

Presiden Jokowi hingga Menteri PUPR melihat Prasasti 'Semanggi'Presiden Jokowi hingga Menteri PUPR melihat Prasasti 'Semanggi' Foto: Rengga Sancaya


Mereka adalah Presiden Joko Widodo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri BUMN Rini M Soemarno sebagai pembina. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Djarot Saiful Hidayat, Gamal Sinurat, Yusmada Faizal Samad sebagai pemilik proyek. Sedangkan Jodi Firmansyah sebagai perencana struktur , Arsitek Achmad Noerzaman, dan pemerkarsa proyek PT Mitra Persada juga PT Bina Karya sebagai manajemen konstruksi.

Sedangkan di huruf I terdapat nama-nama dari struktur dan managemen perusahaan yang membangun yaitu dari PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Prasasti tersebut menjadi daya tarik bagi para pengunjung untuk berfoto.

Dengan pembangunan Simpang Susun Semanggi yang tergolong cepat, Ahok dan Djarot mendapatkan banjir pujian. Salah satunya dari Presiden Jokowi.

"Sangat menghargai sekali kerja Gubernur sekarang maupun Gubernur sebelumnya," kata Jokowi di kolong Simpang Susun Semanggi, Jakarta, Kamis (17/8/2017).
(lkw/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed