DetikNews
Minggu 20 Agustus 2017, 09:45 WIB

Bendera Indonesia Terbalik, Menlu Kirim Nota Diplomatik ke Malaysia

Yulida Medistiara - detikNews
Bendera Indonesia Terbalik, Menlu Kirim Nota Diplomatik ke Malaysia Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi / Foto: Bagus Prihantoro/detikcom
Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyayangkan insiden terbaliknya bendera Indonesia di buku panduan SEA Games 2017 Malaysia. Retno mengatakan Indonesia telah mengambil langkah resmi dengan mengirimkan nota diplomatik ke Malaysia.

"Pertama kita memang sangat menyayangkan kejadian itu dapat terjadi. Saya sudah melakukan komunikasi dengan Menteri Luar Negeri Malaysia dan kita juga akan mengirimkan nota diplomatik," kata Retno, di Pusdiklat Kemlu, Jl Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, Minggu (20/8/2017).



Retno menyebut terkait insiden ini, Menpora Malaysia akan bertemu dengan Menpora Indonesia. Pertemuan itu terkait permintaan maaf.



"Saya sudah mendapatkan laporan dari pak Dubes kita yang ada di Kuala Lumpur tadi pagi, bahwa Menteri Olahraga Malaysia juga ingin bertemu dengan Menteri Olahraga kita untuk meminta maaf. Semua sudah kita lakukan intinya sangat menyayangkan kejadian itu terjadi," ujar Retno.

Bendera Indonesia terbalik di buku panduan SEA Games 2017 / Bendera Indonesia terbalik di buku panduan SEA Games 2017 / Foto: Istimewa


Ia mengatakan belum mengetahui penyebab mengapa bendera Indonesia bisa terbalik. Saat ini ia masih melakukan komunikasi dengan perwakilan RI di Malaysia.

"Saya sedang kontak dengan lapangan, sebenarnya penyebabnya apa. Memang sangat disesalkan bahwa kejadian itu terjadi dan Malaysia kan negara tetangga paling dekat dengan kita ya," ujarnya.



Sebelumnya, insiden bendera Indonesia terbalik menjadi viral setelah diperlihatkan Menpora Indonesia, Imam Nahrawi, di akun Twitter-nya. Imam mengunggah foto buku panduan SEA Games 2017 yang memperlihatkan bendera Indonesia menjadi berwarna putih merah, yang seharusnya merah putih.

"Pembukaan #SEAgames2017 yang bagus tapi tercederai dengan keteledoran fatal yang amat menyakitkan. Bendera kita...Merah Putih. Astaghfirullaah...," kicau Menpora Imam

Hal itu langsung direspons Malaysia lewat Khairy, yang menyampaikan permintaan maafnya, juga lewat akun Twitter.

"Bapak Imam, mohon diterima permintaan maaf saya yang sangat tulus soal ini. Sesungguhnya tidak ada niat jelek. Saya amat kesal dengan kesalahan ini. Mohon maaf," balasnya.

Insiden ini membuat masyarakat Indonesia kecewa kepada Malaysia selaku tuan rumah SEA Games 2017. Pasalnya mereka bukan pertama kalinya menyelenggarakan event olahraga bertaraf internasional.
(yld/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed