DetikNews
Sabtu 19 Agustus 2017, 16:02 WIB

Saat Menteri Komunikasi Samoa Terpesona dengan Indonesia

Ray Jordan - detikNews
Saat Menteri Komunikasi Samoa Terpesona dengan Indonesia Foto: Dok. Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Samoa, Afamasaga Lepuiai Rico Tupai
Jakarta - Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Samoa Afamasaga Lepuiai Rico Tupai berkunjung ke Indonesia. Rico Tupai menyatakan kekagumannya terhadap Indonesia.

Kehadiran Rico Tupai ke Indonesia merupakan kunjungan balasan dari delegasi Indonesia ke Samoa beberapa waktu lalu. Selain itu, Rico Tupai ingin menyampaikan secara langsung ucapan selamat atas peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Sabtu (19/8/2017), Rico Tupai berkesempatan mengucapkan selamat HUT RI ke-72 langsung kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2017.

Selanjutnya, di lokasi berbeda, Rico Tupai melakukan pertemuan dengan berbagai pejabat pemerintah Indonesia, di antaranya Wakil Menteri Luar Negeri, Menteri Perdagangan, pengelola Jakarta Smart City dari Pemprov DKI, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia, pengusaha Chairul Tanjung, serta beberapa pengusaha Small and Medium Enterprises (SMEs), terutama penghasil keripik cassava dan umbi-umbian.
Saat Menteri Komunikasi Samoa Terpesona dengan IndonesiaFoto: Dok. Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Samoa, Afamasaga Lepuiai Rico Tupai

Kunjungan ini membuat Rico Tupai dan delegasi Samoa terpikat dan terpesona oleh perayaan kemerdekaan serta pembangunan di Jakarta. Terlebih hubungan bilateral Indonesia dengan Samoa selama ini terjalin cukup erat.

Sebelumnya, pada 9 Agustus 2017, Menteri Pertanian dan Perikanan Samoa Leuatea Polataivao Fossie Schmidt Laauli bertemu dengan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Pertemuan tersebut menghasilkan inisiatif kerja sama bidang pertanian, meliputi suplai beras dari lahan pertanian di Indonesia timur ataupun pelatihan peningkatan kapasitas petani dan petugas pertanian.

Di samping kerja sama pertanian, kerja sama teknik Indonesia-Samoa meliputi bidang inkubator UKM, ecotourism, penanggulangan bencana, workshop on dispute settlement mechanism on investment, dan Bandung Spirit Program. Samoa merupakan negara pertama di Pasifik yang mendapat kemerdekaan dari Selandia Baru, yakni pada 1 Januari 1962.
Saat Menteri Komunikasi Samoa Terpesona dengan IndonesiaFoto: Dok. Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Samoa, Afamasaga Lepuiai Rico Tupai

Sumber pemasukan terbesar perekonomian Samoa adalah bantuan luar negeri, di mana Selandia Baru merupakan salah satu donor. Guna meningkatkan pembangunan ekonomi, pemerintah Samoa mencanangkan Strategy for Development of Samoa 2016-2020, yang fokus pada pembangunan berkelanjutan dan inklusif serta ICT.

Pada 2017-2018, Samoa akan memegang keketuaan Pasific Islands Forum (PIF) dan menjadi tuan rumah pertemuan tingkat tinggi para kepala negara di wilayah Pasifik di Asia pada 4-8 September 2017.
Saat Menteri Komunikasi Samoa Terpesona dengan IndonesiaFoto: Dok. Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Samoa Afamasaga Lepuiai Rico Tupai

(jor/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed