DetikNews
Sabtu 19 Agustus 2017, 16:09 WIB

Pegawai Freeport Indonesia Unjuk Rasa, Ada Pembakaran Mobil

Faiq Hidayat - detikNews
Pegawai Freeport Indonesia Unjuk Rasa, Ada Pembakaran Mobil Lokasi tambang PT Freeport Indonesia (Wilpret Siagian/detikcom)
Jakarta - Ratusan pegawai PT Freeport Indonesia, Papua, aksi pembakaran beberapa mobil di Check Point 28, dekat Bandara Mozes Kilangin, Timika, Papua, Sabtu (19/8/2017). Saat ini polisi sudah berada di lokasi untuk meredam aksi mogok kerja pegawai tersebut.

"Betul ada, kejadian sekitar pukul 14.00 WIT. Kapolres dan Brimob masih berada di sana. Ada mobil yang dibakar, belum tahu milik siapa," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal saat dimintai konfirmasi, Sabtu (19/8/2017).

Kamal menyatakan pegawai PT Freeport Indonesia yang unjuk rasa itu karena tidak masuk kerja. Karena itu, PT Freeport Indonesia menilai mereka sudah tidak bekerja di perusahaan milik Amerika Serikat tersebut lagi.

"Mereka karyawan Freeport karena masalah kemarin, tidak masuk dengan sendirinya mengundurkan diri. Ya bahasa mereka (massa unjuk rasa) PHK kalau kurun waktu tidak masuk dengan sendirinya mengundurkan diri sesuai aturan Freeport," ujar Kamal.

Saat ini, menurut Kamal, Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon dan Komandan Brimob Papua sedang bernegosiasi dengan massa aksi tersebut. Massa diminta tidak melakukan tindakan anarkistis.

"Saat ini kondisi masih melakukan negosiasi kepada pegawai Freeport agar selesai," ujar Kamal.
(fai/rjo)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed