DetikNews
Sabtu 19 Agustus 2017, 15:35 WIB

Tarian Adat hingga Marching Band Meriahkan Karnaval di Kopassus

Ibnu Hariyanto - detikNews
Tarian Adat hingga Marching Band Meriahkan Karnaval di Kopassus Prajurit Kopassus saat marching band di karnaval budaya. (Ibnu Hariyanto/detikcom)
FOKUS BERITA: HUT RI ke-72
Jakarta - Karnaval budaya untuk memeriahkan HUT ke-72 RI digelar di Kompleks Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur. Karnaval tersebut diikuti ribuan peserta, yang terdiri dari prajurit TNI, siswa-siswi sekolah di lingkungan Kompleks Kopassus, dan warga sekitar.

Berdasarkan pantauan detikcom, para peserta karnaval berkumpul di depan Balai Komando Kopassus sekitar pukul 13.45 WIB, Sabtu (19/8/2017). Peserta terlihat memakai berbagai pakaian adat budaya Indonesia dan ornamen-ornamen Merah-Putih. Selain itu, sepeda dan mobil hias menambah meriah karnaval budaya.

Serunya karnaval peringatan HUT ke-72 RI di KopassusSerunya karnaval peringatan HUT ke-72 RI di Kopassus. (Ibnu Hariyanto/detikcom)

Defile karnaval pun mulai bergerak dari Balai Komando menuju Lapangan Gatot Subroto. Sesampai di depan panggung utama, satu per satu kontingen menampilkan atraksi, mulai tarian adat, marawis, hingga marching band, di depan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus Mayjen TNI Madsuni.

Kepala Penerangan Kopassus Letkol Inf Joko Tri Hadimantoyo menjelaskan ada 41 kontingen yang mengikuti karnaval budaya tersebut. "Para peserta, terdiri dari 26 kontingen, berjalan kaki dan 15 kontingen menggunakan kendaraan hias," kata Joko di lokasi.

Ada karnaval dengan sepeda hias juga lhoAda karnaval dengan sepeda hias juga lho. (Ibnu Hariyanto/detikcom)

Pergelaran karnaval budaya di Kompleks Kopassus, Cijantung, Jaktim, ini menyedot animo masyarakat yang cukup tinggi. Masyarakat terlihat memadati sepanjang jalan menuju garis akhir.

"Keren banget ini, saya sangat terhibur, hiburan gratislah. Ini memang tiap tahun dan mudah-mudah tahun depan ada lagi," kata Dewa, warga Kalisari, di lokasi karnaval.

Anak-anak turut memeriahkan karnaval di KopassusAnak-anak turut memeriahkan karnaval di Kopassus. (Ibnu Hariyanto/detikcom)

Sebelumnya berbagai perlombaan juga digelar oleh Kopassus di Lapangan Gatot Subroto sejak pagi tadi. Perlombaan tersebut diikuti prajurit TNI dan warga sekitar. Tak lupa Danjen Kopassus Mayjen TNI Madsuni ikut berpartisipasi dalam perlombaan tersebut.
(ibh/dkp)
FOKUS BERITA: HUT RI ke-72
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed