Melihat Lagi Akrabnya Jokowi, SBY dan Megawati di Istana Merdeka

Ray Jordan - detikNews
Sabtu, 19 Agu 2017 14:44 WIB
Foto: Agus Suparto/Fotografer Istana Kepresidenan
Jakarta - Upacara peringatan HUT ke-72 RI di Istana Kepresidenan, Jakarta, menjadi spesial karena hadirnya para Presiden RI terdahulu. Suasana keakraban dan kebersamaan tergambar dalam pertemuan tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari video milik Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (17/8/2017), para Presiden RI terdahulu yang hadir adalah presiden ke-3 RI BJ Habibie, presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, dan presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Setelah prosesi upacara penaikan bendera Merah-Putih selesai, Jokowi, Ibu Iriana, dan para Presiden RI terdahulu itu masuk ke Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Mereka kemudian melakukan sesi foto bersama.

Berdiri di sebelah kiri Jokowi ada Megawati Soekarnoputri, disusul Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan istrinya, Mufidah Jusuf Kalla; serta SBY dan Ani Yudhoyono. Sedangkan di sisi kanan Jokowi ada Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan BJ Habibie.

Jokowi dan para presiden terdahulu tersebut duduk sejenak di kursi ruang depan Istana Merdeka. SBY duduk di sebelah kanan JK, berikutnya ada Jokowi, Try Sutrisno, Budiono, Megawati, dan Iriana.

Uniknya, Presiden dan para Presiden RI terdahulu ini mengenakan pakaian adat khas. SBY tampak mengenakan pakaian beskap hitam khas Betawi, JK berpakaian adat khas Bugis, Jokowi berpakaian adat khas suku Banjar, Kalimantan, Try Sutrisno berpakaian beskap hitam khas Betawi, Budiono berpakaian adat khas Melayu, Megawati berkebaya cokelat, dan Iriana berpakaian adat khas Minangkabau.

SBY tampak intens berbincang dengan JK. Sedangkan Jokowi intens berbincang dengan Try Sutrisno.

Budiono terlihat berbincang dengan Megawati. Sedangkan Iriana berbincang dengan Mufidah Jusuf Kalla dan Ani Yudhoyono, yang duduk di seberangnya.

Selanjutnya, Jokowi didampingi JK dan Megawati memotong tumpeng nasi kuning. Tumpeng pertama diserahkan kepada pejuang veteran Imam Sutomo, Bimo Sumanto, dan terakhir kepada Andi Pasiringi.

SBY, BJ Habibie, Budiono, Try Sutrisno, dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh menyaksikan pemberian tumpeng tersebut.

Setelah potong tumpeng, dilakukan proses ramah-tamah. Jokowi tampak berbincang dengan SBY dan Ani Yudhoyono. Dalam perbincangan tersebut, terdengar SBY mengaku senang atas kegiatan yang diadakan Istana Kepresidenan sambil sesekali memegang tangan Jokowi.

"Senang sekali. Aku senang sekali. Bagus, bagus," katanya.

Jokowi dan Ani juga tampak serius melakukan perbincangan. Perbincangan tersebut berlangsung singkat. Jokowi dan SBY kemudian bersalaman, diikuti oleh Ani Yudhoyono. Terlihat juga Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan berdiri tak jauh dari sebelah kiri Jokowi. (jor/nkn)