DetikNews
2017/08/19 12:41:56 WIB

Berita Terpanas Sepekan

SBY-Mega Salaman di Istana Merdeka, Jokowi Didoakan Gemuk

Niken Purnamasari - detikNews
Halaman 1 dari 2
SBY-Mega Salaman di Istana Merdeka, Jokowi Didoakan Gemuk SBY dan Megawati bersalaman di Istana Negara. (Anung Anindito/detikcom)
Jakarta - Sepekan terakhir banyak terjadi peristiwa dan momen menarik. Salah satunya momen perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-72 hingga sejumlah berita yang jadi viral di media sosial.

Mulai dari momen bersejarah presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri bertemu dengan presiden ke-5 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), viral ibu-ibu yang mengomel karena kendaraan Anies Baswedan yang tidak mau antre, hingga Jokowi yang menunjukkan kemampuannya memanah dalam countdown Asian Games 2018.

Berikut ini berita terpanas sepekan terakhir yang telah dirangkum detikcom:

1. Viral Emak-emak Ngomel Lihat Mobil Anies Baswedan Serobot Antrean

Gubernur terpilih DKI Anies Baswedan kembali jadi sorotan. Sebuah video viral di medsos menunjukkan mobil yang diduga membawa Anies menerobos kemacetan menggunakan voorijder. Seorang ibu-ibu yang sepertinya pengendara motor dan merekam kejadian itu ngomel-ngomel dalam videonya.

Mobil yang disebut ditumpangi Anies di jalan. Mobil yang disebut ditumpangi Anies di jalan. (Screenshot Video FB Mak Lambe Turah)


"Tuh, mobilnya Anies tuh, nggak mau ngikut antre. Belum jadi gubernur udah contohnya nggak bener. Liat nih, kita ngikutin dari belakangnya, kagak beres lo. Itu belum jadi gubernur itu, udah semena-mena lihat itu mobilnya tat tit tat tit minta jalan, kayak presiden," kata pemotor itu.




Syarif, politikus Gerindra yang pernah menjabat Sekretaris Tim Pemenangan Anies-Sandiaga, meyakini ada latar belakang di balik upaya mobil yang membawa Anies menerobos kemacetan. Dia juga yakin inisiatif menerobos antrean kendaraan itu bukan dari Anies.


"Harus dilihat latar belakang sampai menerobos arus lalu lintas, dimulai dari mana, saya kok percaya itu datangnya bukan dari Mas Anies," ujar Syarif saat dihubungi, Senin (14/8/2017).


2. Korupsi Pengadaan Heli AW 101, KPK Telusuri Penunjukan Vendor

KPK mendalami proses penunjukan vendor dalam proyek pengadaan helikopter Agusta Westland 101 (AW-101). Sebab, dalam proses inilah diduga terjadi penyalahgunaan wewenang.


"Penyidik mendalami lebih lanjut bagaimana sebenarnya proses penunjukan pihak vendor dalam hal ini pembelian pengadaan helikopter tersebut. Ada proses-proses yang diduga unsur-unsur melawan hukum, penyalahgunaan wewenang di sana," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (15/8).

Heli AW-101.Heli AW-101. (Infografis: Mindra Purnomo/detikcom)


Pemeriksaan dilakukan terhadap anggota TNI. Sudah tentu KPK terlebih dulu harus mengantongi izin untuk pemeriksaan ini.


3. Doa Tifatul: Berharap Jokowi Gemuk, Sebut JK Tergolong Tua

Doa anggota MPR dari Fraksi PKS Tifatul Sembiring membetot perhatian. Tifatul tak hanya mendoakan agar Allah membuat Presiden Jokowi menjadi lebih gemuk, tapi juga menyinggung usia Wapres Jusuf Kalla.

"Ya Allah, bimbinglah Wakil Presiden kami Bapak Jusuf Kalla. Meskipun usia beliau sudah tergolong tua, tapi semangat beliau masih membara," kata Tifatul dalam Sidang Tahunan MPR, gedung Nusantara, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8).
Tifatul saat membacakan doa pada sidang tahunan. Tifatul saat membacakan doa dalam sidang tahunan. (Gibran Maulana Ibrahim/detikcom)


Tifatul melanjutkan doanya dengan meminta Allah mengirimkan pemimpin-pemimpin Indonesia yang takut kepada Tuhan. Dia berharap para pemimpin tak lebih takut kepada partai dibanding kepada Tuhan.

"Hadirkanlah pemimpin-pemimpin yang lebih takut kepada Engkau daripada kepada partainya," ujar Tifatul.

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed