DetikNews
Jumat 18 Agustus 2017, 19:35 WIB

Jokowi: Jangan Pikir Kita Tidak Bersaing dengan Negara Lain

Ray Jordan - detikNews
Jokowi: Jangan Pikir Kita Tidak Bersaing dengan Negara Lain Jokowi bersama Paskibraka di Istana. Foto: Ray Jordan/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo menekankan ketatnya persaingan global. Namun, jangan dikira Indonesia tidak ikut bersaing.

Hal itu disampaikan Jokowi saat mengundang anggota Paskibraka Nasional 2017 dan para teladan nasional di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/8/2017). Dia mengatakan, seleksi yang dilakukan di Paskibraka, merupakan bentuk proses persaingan.

"Semua kan dipilih dari jenjang seleksi di kabupaten kota, naik ke provinsi ya kan dipilih lagi. Artinya satu provinsi dikirim berapa? Dua. Coba hitung dari berapa orang yang diseleksi sehingga hanya muncul dua. Bisa lebih dari 60, ya kan kayak Jawa Tengah kan kabupatennya banyak, 70-an misalnya. Yang punya kabupatennya banyak kan berarti kompetisinya bersaingnya semakin ketat," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, begitulah suasana persaingan. Siapa yang terbaik, dialah yang dipilih.

"Itulah dunia, memang harus bersaing. Memang harus berkompetisi siapa yang muncul terbaik itulah yang dipilih. Sama negara ini juga sama negara ini juga berkompetisi dengan negara lain," katanya.

Jokowi pun mengatakan, Indonesia ikut bersaing dengan negara lain. Bagi yang bisa bekerja cepat, maka dialah yang mendapat kepercayaan internasional.

"Kita harus ingat itu jangan dipikir negara kita ini tidak bersaing dengan negara lain. Dan yang bisa bekerja dengan cepat memiliki reputasi yang baik bisa memiliki prestasi yang baik, ya itulah yang mendapatkan kepercayaan dari internasional. Pasti seperti itu," katanya.

Untuk itu, Jokowi mengatakan masyarakat Indonesia jangan takut untuk bersaing. Termasuk bersaing dalam dunia usaha.

"Misalnya kayak kemudahan berusaha. Bersaing kita dari 180-an negara ranking kita masih di angka 91, ya nggak jelek-jelek amat. Tapi buat saya masih kurang masih jauh kalau 91 rankingnya," katanya.
(jor/bag)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed