DetikNews
Jumat 18 Agustus 2017, 14:21 WIB

Pengacara: Habib Rizieq Diperiksa Polisi di KJRI Jeddah

Jabbar Ramdhani - detikNews
Pengacara: Habib Rizieq Diperiksa Polisi di KJRI Jeddah Habib Rizieq (Hasan Al Habshy/detikcom)
Jakarta - Tim penyidik polisi telah bergerak ke Arab Saudi untuk memeriksa tersangka kasus dugaan pornografi, Habib Rizieq Syihab. Pengacara Habib Rizieq menyebut pemeriksaan dilakukan di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah.

"Pemeriksaannya di KJRI Jeddah," kata pengacara Habib Rizieq, Kapitra Ampera, kepada detikcom, Jumat (18/8/2017).

Habib Rizieq berstatus sebagai tersangka dalam kasus ini. Namun, dalam pemeriksaan pada 27 Juli lalu itu, Habib Rizieq diperiksa sebagai saksi dan tersangka sekaligus.

Menurut Kapitra, pemeriksaan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan tim GNPF ke Istana yang meminta kasus yang dituduhkan ke Habib Rizieq ini disetop. Suatu penghentian perkara, kata Kapitra, tetap memerlukan pemeriksaan terhadap pihak yang ditetapkan sebagai tersangka.

"Jadi dalam proses penghentian perkara, resume atau BAP pemeriksaan itu tetap diperlukan. Hubungannya dengan penghentian perkara," ujar Kapitra.

Klaim Kapitra tersebut tentu saja berbeda dengan pernyataan polisi. Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan kasus tersebut tetap jalan terus. Tito mengatakan upaya jemput bola itu dilakukan untuk mempercepat proses penyidikan. Sebab, selama ini, Rizieq sudah dua kali dipanggil polisi namun tidak kunjung pulang dari luar negeri.

"Karena yang bersangkutan sedang ibadah, daripada menunggu, anggota berangkat lakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan," imbuhnya.

Menurut Tito, hasil pemeriksaan terhadap Rizieq ini akan dievaluasi kembali. Tidak tertutup kemungkinan polisi juga akan memeriksa ulang Rizieq sekembalinya ke Tanah Air.

"Kalau yang bersangkutan pulang, kita lakukan pemeriksaan juga kepada yang bersangkutan kalau diperlukan," pungkasnya.
(fjp/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed