DetikNews
Jumat 18 Agustus 2017, 14:11 WIB

Djarot Ingin Metromini Terintegrasi Bus TransJ Koridor 13

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Djarot Ingin Metromini Terintegrasi Bus TransJ Koridor 13 Bus TransJakarta Koridor 13 (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengajak operator metromini di sekitar trayek Koridor 13 Ciledug-Tendean bergabung. Metromini perlu diremajakan dan dijadikan bus feeder.

"Kalau (bus TransJ) itu beririsan dengan metromini, bisa diberikan tawaran supaya mereka bergabung dengan, misalnya, ya terintegrasi dengan TransJakarta dan bisa menjadi feeder bus untuk TransJakarta Koridor 13, terutama yang masuk ke dalam-dalam gang kecil," kata Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (18/8/2017).

Djarot menyebut minat warga terhadap Koridor 13 sangat tinggi. Djarot berencana mendiskusikan usulan tersebut kepada jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait.

"Karena berdasarkan evaluasi, banyak penumpang kemarin. Kita coba 17 Agustus kemarin ada 370 ribu. Kami akan menggodok itu," tuturnya.

Metromini yang ada saat ini, menurut Djarot, tidak layak. Dia sering mendapati metromini berusia puluhan tahun masih beroperasi.

"Beberapa metromini sudah bergabung ke kita untuk peremajaan dan sekarang lebih baik dan manusiawi dan harus pakai AC dong. Kan itu biasanya metromini sudah uzur, ada yang 30 tahun digunakan. Saya dulu pernah pakai ketemu lagi," katanya.

Djarot berharap integrasi tersebut dapat segera terwujud. Pihaknya ingin warga dapat pindah ke transportasi publik yang aman dan nyaman.

"Jadi begini, bagaimanapun juga transportasi ke depan di Jakarta harus berintegrasi. Semakin aman dan cepat, maka kita akan dorong warga menggunakan transportasi publik yang baik," tuturnya.
(fdu/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed