DetikNews
Jumat 18 Agustus 2017, 08:50 WIB

Kumpulkan Mantan Presiden, Jokowi Dibandingkan dengan Obama

Aditya Mardiastuti - detikNews
Kumpulkan Mantan Presiden, Jokowi Dibandingkan dengan Obama Presien Jokowi berfoto bersama BJ Habibie, Megawati, Wapres JK dan SBY (Foto: Biro Pers Setpres/Agus Suparto)
Jakarta - Pertama kalinya hampir semua tokoh yang pernah memimpin negara berfoto bersama, kecuali Hamzah Haz, saat perayaan HUT RI. PDIP mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang bisa membangun komunikasi politik yang cair di antara para tokoh.

"Kita memberi apresiasi kepada Presiden Jokowi yang mampu membangun komunikasi politik yang cantik, semakin berkualitas," kata Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno saat berbincang melalui telepon, Kamis (17/8/2017) malam.



Hendrawan kemudian membandingkan momen foto Presiden Jokowi dan para presiden RI itu dengan Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama. Kedua tokoh ini bisa mengajak seniornya untuk berfoto bersama.

"Coba bandingkan foto 4 presiden tadi dengan Presiden Barack Obama. Saat Obama dilantik dia foto bersama dengan 5 presiden, George Bush Senior, George Bush Junior, Jimmy Carter, Bill Clinton, dan Obama. Kelima presiden itu berdiri di depan meja tempat bekerjanya presiden," ujar Hendrawan.



"Nah, kali ini 4 presiden jadi artinya demokrasi kita betul-betul semakin dewasa semakin matang. Mudah-mudahan pertemuan tadi itu memberi inspirasi untuk kita terus menerus meningkatkan kualitas demokasi dan peradaban bangsa," sambungnya.

Dia menambahkan kehadiran para tokoh pemimpin negara dalam perayaan kemerdekaan Indonesia menunjukkan kematangan berpolitik. Dia berharap demokrasi Indonesia semakin matang dan mengedepankan Pancasila.

"Tentu komunikasi terjalin semakin baik, kita akan menyaksikan adegan-adegan panggung politik yang lebih bernuansa persaudaraan dan persahabatan. dan yang penting kebersatuan mereka itu semacam satu maklumat bahwa tidak ada tawar menawar terhadap Pancasila. Tidak ada tawar-menawar terhadap NKRI, tidak ada tawar menawar janji suci, satu bangsa, satu tanah air, satu bahasa," tegasnya.


(ams/ams)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed