DetikNews
Kamis 17 Agustus 2017, 11:52 WIB

Jokowi Umumkan Busana Adat Terbaik Berhadiah Sepeda, Yasonna Juara

Danu Damarjati - detikNews
Jokowi Umumkan Busana Adat Terbaik Berhadiah Sepeda, Yasonna Juara Menkumham Yasonna Laoly menang busana terbaik. Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai para menteri dan jajarannya yang memakai baju adat pada acara peringatan kemerdekaan ini. Yang juara mendapat hadiah sepeda.

Peringatan proklamasi kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia digelar di halaman Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (17/8/2017). Para menteri memang datang mengenakan busana adat.

"Pada kesempatan yang baik ini telah saya putuskan, bersama dewan juri, yang memakai pakaian adat terbaik, yang pertama adalah Bapak Yasonna Laoly," kata Jokowi.


Semua orang bersorak. Yasonna mengenakan busana adat khas Nias. Warnanya merah sangar. Dia kemudian naik ke atas panggung.

"Yang kedua, Bapak Oesman Sapta Odang," kata Jokowi. Oesman mengenakan pakaian adat Minangkabau. Warnanya hitam dengan aksen emas. Kain warna emas yang ia kenakan sebagai pelapis celana panjang terlihat berkilauan.

Oso menuntun hadiah sepeda. Di belakangnya ada kapolri dan istrinya yang juga menuntun sepeda.Oso menuntun hadiah sepeda. Di belakangnya ada kapolri dan istrinya yang juga menuntun sepeda. Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom

"Yang ketiga, asisten ajudan, Pak Syarif," kata Jokowi. Syarif bukanlah menteri, melainkan asisten ajudan. Dia tampil maksimal mengenakan busana Dayak Kalimantan Barat, daerah asalnya. Ada rompi kulit kayu dan hiasan kepala yang mencolok. Hebatnya, dia tak mengenakan alas kaki di hari yang beranjak terik ini.

"Yang keempat, Ibu Tito Karnavian," kata Jokowi. Istri Kapolri itu kemudian naik ke panggung mengenakan busana khas Papua. Ada hiasan kepala yang dia kenakan melengkapi kerudung. Bukan hanya hiasan kepala, tapi dia juga mengenakan rok rumbai-rumbai.


"Yang kelima, Ibu Agati Sulie," kata Jokowi. Agati adalah istri Wakil Ketua MPR Mahyudin. Agati mengenakan busana khas Dayak.

"Saya telah menyiapkan lima sepeda," kata Jokowi. Para hadirin terlihat cekikikan. Nampak di layar, sepeda-sepeda itu telah dijejer di satu sudut halaman Istana ini.

Syarief kemudian mengambil hadiah itu, mengayuhnya sampai pojok halaman Istana. Yasonna-pun menaiki sepeda itu, namun di tengah perjalanan dia memilih turun dan menuntun sepedanya. Oesman hendak naik sepeda tapi tidak jadi dan memilih menuntun. Agati memilih menuntun sepeda ditemani Mahyudin.


(dnu/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed