DetikNews
Kamis 17 Agustus 2017, 07:27 WIB

Tamu Istana di Hari Kemerdekaan: Berkebaya hingga Tanpa Alas Kaki

Danu Damarjati - detikNews
Tamu Istana di Hari Kemerdekaan: Berkebaya hingga Tanpa Alas Kaki Para tamu Istana mengenakan pakaian adat (Foto: Danu Damarjati/detikcom)
FOKUS BERITA: HUT RI ke-72
Jakarta - Upacara peringatan hari kemerdekaan ke-72 tahun Republik Indonesia (RI) segera digelar di Istana Merdeka. Para tamu sudah berdatangan mengenakan pakaian adat masing-masing daerah asal.

Nampak di halaman Istana Medeka, Jalan Medan Merdeka Utara, tribun yang sudah didirikan sudah diisi anak-anak berseragam sekolah. Lagu-lagu kebangsaan sudah berkumandang dari pelantang yang dipasang.

Tamu Istana di Hari Kemerdekaan: Berkebaya hingga Tanpa Alas KakiPersiapan upacara peringatan hari kemerdekaan ke-72 tahun RI (Foto: Danu Damarjati/detikcom)



Layar jumbo dipasang, hiasan-hiasan berpita ditentangkan. Para tamu sudah mulai berdatangan, banyak yang mengenakan baju adat. Perempuan mengenakan kebaya, ada pula yang berpakaian khas Papua.

Ada pula yang tak mengenakan alas kaki, berpakaian gelap dilengkapi celana selutut, dan udeng biru dikenakan di kepala. Mereka adalah warga Baduy dari Banten. Di belakang mereka, beragam warga berpakaian adat, seperti pakaian khas Palembang, Minang, hingga Toraja.


Barisan kursi halaman depan Istana Merdeka ini, memang khusus disediakan untuk tamu 'permohonan khusus'. Mereka telah jauh-jauh hari mengajukan permohonan untuk mengikuti upacara ini, permohonan dibuka sejak 1 Juli lalu.

Tamu Istana di Hari Kemerdekaan: Berkebaya hingga Tanpa Alas KakiPersiapan penari dalam upacara peringatan hari kemerdekaan ke-72 tahun RI (Foto: Danu Damarjati/detikcom)


Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi pemimpin upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan, akan dimulai pukul 10.00 WIB. Setelah itu, Jokowi akan menerima ucapan selamat dari negara-negara sahabat.

Tengah hari, akan ada pemotongan tumpeng Hari Ulang Tahun ke-72 Proklamasi Kemerdekaan RI. Sore hari, akan ada upacara penurunan Bendera Merah Putih.
(dnu/dhn)
FOKUS BERITA: HUT RI ke-72
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed