DetikNews
Rabu 16 Agustus 2017, 23:21 WIB

KPK akan Temui Polri Bahas Detail Bantuan Pengusutan Teror Novel

Nur Indah Fatmawati - detikNews
KPK akan Temui Polri Bahas Detail Bantuan Pengusutan Teror Novel Laode M Syarief/ Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pimpinan KPK mengungkap sudah ada pembicaraan antara KPK dan Polri tentang tim gabungan untuk mengusut kasus penyerangan air keras Novel Baswedan. Namun detailnya belum dibahas.

"Kami ingin bertemu dengan Polri untuk membicarakan detail bantuan apa yang bisa diberikan kepada Polri. Terus terang Pak Tito berpikir bahwa supaya lebih sinkron antara pemeriksaan di Polri dengan di kita itu seperti dibentuk ada kerja sama bersama untuk itu," ungkap Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (16/8/2017).

Saat ini internal KPK sedang membahas bantuan yang sesuai untuk kontribusi penyelidikan kasus. Polri sendiri diakuinya mempunyai kemampuan intelijen yang baik. Sebenarnya inti KPK bergabung adalah untuk meng-update informasi perkembangan kasus.

"Kalau misalnya ada beberapa digital forensik yang segera, kalau misalnya mereka over capacity, kita bisa kerjakan di KPK. Yang jelas kita ingin mempercepat proses pelaku didapat," ucap Syarif.

Bergabungnya kedua institusi penegak hukum ini dalam pengungkapan kasus, disebut Syarif merupakan keinginan Novel.

"Pak Novel ingin Kapolri, tim KPK yang ada di situ. Kami sedang membicarakan modelnya kayak gimana. Nanti kita akan update kalau misalnya tim KPK ikut bekerja dengan mereka.

Mengenai hasil pemeriksaan Novel di Singapura, Syarif menegaskan Novel tidak sempat melihat pelaku. Sehingga walau ditunjukkan sketsa wajah terduga penyerang, agaknya mustahil ia tahu.

"Dia betul-betul nggak melihat (pelakunya). Kalau dari segi untuk mendapatkan mengenal wajah dari sketsa itu agak susah. Semoga keterangan itu ada yang di dapat untuk memperkaya penelitian atau penyelidikan dari Polri," kata Syarif lagi.



(nif/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed