DetikNews
Rabu 16 Agustus 2017, 21:16 WIB

Bantu Logistik Warga, Mendes Resmikan BUMDes di Daerah Perbatasan

Faiq Hidayat - detikNews
Bantu Logistik Warga, Mendes Resmikan BUMDes di Daerah Perbatasan Mendes PDTT resmikan BUMDes di Sebatik, Kalimantan Utara (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)
Sebatik - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo meresmikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Harapan Maju Bersama di Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Eko mengaku senang karena BUMDes dapat membantu masyarakat di wilayah perbatasan.

"Saya senang sekali baru saja meresmikan BUMDes. Apalagi BUMDes mendapatkan tambahan kapital dari pemerintah Rp 50 juta," kata Eko saat acara di Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Rabu (16/8/2017).

BUMDes akan dibantu Bank BNI dan Badan Urusan Logistik (Bulog) dalam mendistribusikan kebutuhan pokok di setiap desa. BUMDes akan bergerak dalam bidang penjualan beras, penjualan pupuk, penjualan alat pertanian, lalu penyewaan alat pertanian, dan penyewaan kursi.

Selain itu, Eko juga melepas ekspor ikan bandeng tanpa duri ke Malaysia. Dalam pelepasan itu, Eko memecahkan sebuah kendi sebagai tanda simbolik hasil dari masyarakat desa setempat untuk diekspor ke Malaysia.

Mendes PDTT Eko mengaku senang karena BUMDes dapat membantu masyarakat di wilayah perbatasan (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)

"BUMDes dibantu BNI, Bulog sudah mendistiribusikan kebutuhan pokok di desa. Dan agen dari BNI bisa melakukan simpan pinjam juga membayar listrik telepon dan lainnya," katanya.

Eko juga sempat meresmikan sarana olahraga futsal yang dibangun dengan dana desa di Sebatik, Kalimantan Utara. Dia berharap para pemuda bisa menyalurkan kegiatan positif melalui olahraga.

"Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Pembangunan lapangan futsal ini, sehingga anak muda kita bisa tersalurkan ke hal yang positif," ujar Eko.

Acara peresmian ini juga dihadiri Bupati Nunukan Asmin Laura beserta pejabat Kemendes PDTT. Selain itu, anak SD juga menyambut kedatangan Mendes Eko dalam acara kunjungan kerja ini.
(fai/jbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed