DetikNews
Rabu 16 Agustus 2017, 20:28 WIB

Jelang HUT RI ke-72, PKB Minta Jokowi Koreksi 3 Kebijakan Ini

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Jelang HUT RI ke-72, PKB Minta Jokowi Koreksi 3 Kebijakan Ini Foto: Wasekjen PKB Daniel Johan. (Dok. Istimewa)
FOKUS BERITA: HUT RI ke-72
Jakarta - PKB memuji pidato Presiden Joko Widodo di sidang tahunan parlemen. Meski demikian, PKB punya beberapa catatan penting untuk Jokowi jelang hari kemerdekaan.

Wasekjen PKB Daniel Johan mengatakan Jokowi perlu menjaga kepercayaan rakyat. Beberapa sektor perlu diperhatikan Jokowi demi kesejahteraan rakyat jelang hari kemerdekaan RI ke 72 yang jatuh besok.

"Setidaknya ada 3 kebijakan yang saat ini perlu dikoreksi karena berdampak serius kepada lebih dari 35 juta rakyat, yakni kebijakan PPN Tebu, kebijakan FDS (sekolah 5 hari 8 jam) dan kebijakan nelayan (penggunaan cantrang)," kata Daniel kepada wartawan, Rabu (16/8/2017).

Daniel menilai Jokowi perlu serius menanggapi isu tersebut demi pemerintahan yang sukses. Isu tersebut, kata Daniel, disoroti PKB karena berdampak kepada warga Nahdliyin.

"Jangan sampai kepercayaan warga NU malah runtuh. Katanya Presiden Jokowi sayang dengan NU, tapi kok kebijakan menterinya justru malah melemahkan warga NU," ujar dia.

Selain itu, Jokowi diminta Daniel untuk lebih memperhatikan nasib petani karet karena harga karet yang anjlok, para perawat, guru honorer, dan sebagainya. Jelang hari kemerdekaan, semua rakyat harus merasakan apa itu merdeka yang sesungguhnya.

"Selain nasib perawat dan guru kontrak yang belum merdeka karena sangat minimnya penghasilan mereka yang di bawah UMR, padahal merekalah garda terdepan dalam menjamin kesehatan dan kecerdasan rakyat di pedalaman di seluruh kabupaten Indonesia," sebut Daniel.

"Maka pemerintah perlu memperhatikan dari hulu hingga hilir, bagaimana kesehatan dan pendidikan akan baik bila hulunya dengan kondisi yang sangat minim memprihatinkan," pungkas Daniel yang merupakan wakil ketua Komisi IV DPR ini.
(gbr/idh)
FOKUS BERITA: HUT RI ke-72
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed