DetikNews
Rabu 16 Agustus 2017, 18:23 WIB

Sukarno Pasti Tahu Dong, Kalau Sukarni?

Erliana Riady - detikNews
Sukarno Pasti Tahu Dong, Kalau Sukarni? Poster Sukarni di Blitar (Erliana Riady/detikcom)
FOKUS BERITA: HUT RI ke-72
Blitar - Dalam perayaan Hari Kemerdekaan, kita pasti ingat Sukarno. Tapi terkait kejadian proklamasi, ada Sukarni Kartodiwirjo. Jasanya besar tapi banyak yang tidak kenal.

"Sukarni kok nggak tahu ya, masak dari Blitar?" kata Ida Fitriani (43) warga Duren, Kecamatan Talun saat ditanya tentang sosok Sukarni, Rabu (9/8/2017).

Sementara, Felannia (27) seorang staf administrasi sekolah di Kota Blitar, mengaku tahu sedikit. Sukarni adalah tokoh pemuda yang terlibat dalam proses kemerdekaan.

"Saya tahu Sukarni dari teater kolosal pas mau tujuh belasan. Di adegan itu waktu mau proklamasi kemerdekaan memang ada pemuda yang namanya Sukarni. Tapi saya nggak tahu kalau jadi pahlawan nasional," kata Fela ditemui di sela waktu istirahat sekolahnya.

Sukarno Pasti Tahu Dong, Kalau Sukarni?Umbul-umbul Sukarni menghias jalanan di Blitar (Erliana Riady/detikcom)
Serupa dengan pengakuan calon mahasiswa di PTN Malang warga asli Blitar, Ayu Racma (18) yang juga disetujui Mario (19).

"Tahu dia pokok yang ikut upacara proklamasi kemerdekaan, iya Sukarni. Tapi gak tahu kalau jadi pahlawan nasional sekarang ," katanya.

Sukarni Kartodiwiryo memang baru mendapat gelar sebagai Pahlawan Nasional pada 7 November 2014. Putri bungsunya yang bernama Dr Emalia Iriagiliati menerima plakat gelar itu di Istana Negara. Presiden RI Joko Widodo menyerahkan langsung plakat tersebut ke Emalia selaku ahli warisnya.

Sukarni lahir di Desa Sumberdiren, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar pada 14 Juli 1916. Dia mempunyai peranan penting dalam perjuangan sejak zaman penjajahan Belanda, Jepang sampai era kemerdekaan.

Sukarno Pasti Tahu Dong, Kalau Sukarni?Foto Sukarno dan Sukarni di rumah keluarga Sukarni (Erliana Riady/detikcom)
Peran paling krusial perjuangannnya, Sukarni Kartodiwirjo-lah yang bertindak sebagai otak penculikan Soekarno-Hatta dalam peristiwa Rengasdengklok, 16 Agustus 1945. Dialah yang mengambil alih peranan sebagai pendobrak dan pendorong utama, di tengah sikap kehati-hatian peminpin tua.

Di usia yang masih terbilang muda, 29 tahun, Sukarni yang menentukan hanya ada dua nama Soekarno dan Muhammad Hatta saja yang menandatangani naskar Proklamasi (sumber: Museum Perumusan Naskah Proklamasi dalam Ahmad Subardjo D, 2009:23)

Ditemui di rumah orang tua Sukarni di Sumberdiren, Garum, pihak keluarga mengaku belum banyak yang dilakukan Pemkab Blitar untuk mensosialisasikan tanda kehormatan yang diterima warganya itu. Upaya sosialisasi justru lebih banyak dilakukan putri bungsu Sukarni, Dr Emalia yang berprofesi sebagai dosen Universitas Negeri Malang.

"Mbak Emil yang langsung syukuran mengundang semua warga desa sini. Lalu dia sosialisasi ke empat SD di Kecamatan Garum, kemudian mengundang guru sejarah SD sampai SMA untuk acara bedah buku otobiografi Sukarni ," kata keponakan Sukarni, Denarsih (59) yang rumahnya sekitar 200 meter arah utara tempat lahir Sukarni.

Sukarno Pasti Tahu Dong, Kalau Sukarni?Rumah Sukarni di Blitar (Erliana Riady/detikcom)
Menurut Denarsih, baru tahun 2016 lalu ada acara wayangan di halaman rumah neneknya saat peringatan Hari Pahlawan. Ada sosialisasi dari Dinas Sosial Pemkab Blitar terhadap Camat dan Lurah se Kabupaten Blitar.

"Tanggal 9 Juni kemarin juga ada rapat koordinasi Haul Pak Sukarni sebagai pahlawan nasional dari komunitas seniman Blitar. Terus acaranya bersama-sama nembang mocopatan di rumah nenek saya ," tuturnya.

Harapan keluarga dekat Sukarni, menurut Denarsih, dengan diberikan gelar pahlawan nasional pada keluarganya ini, bisa memberikan manfaat bagi generasi sekarang. Terutama memberikan perubahan kesejahteraan bagi warga Desa Sumberdiren sendiri.

Terkait hal ini, detikcom belum berhasil mendapatkan tanggapan dari dinas terkait maupun Bupati Blitar.
(fay/fay)
FOKUS BERITA: HUT RI ke-72
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed