DetikNews
Rabu 16 Agustus 2017, 12:04 WIB

Penampakan SPBU yang Jual Pertamax-Pertalite dengan Warna Sama

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Penampakan SPBU yang Jual Pertamax-Pertalite dengan Warna Sama Foto: Ahmad Bil Wahid/ detikcom
Jakarta - Media sosial dihebohkan dengan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax dan Pertalite berwarna sama di SPBU di Cisauk, Kabupaten Tangerang. Aktifitas di SPBU itu masih terlihat normal.

Area Manager Communication and Relation Pertamina Jawa Bagian Barat Yudi Nugraha Arman mengatakan, SPBU yang disebut menjual Pertalite dan Pertamax dengan warna sama itu dikelola sendiri.

"Itu SPBU 34-15311 atas nama PT Dharma Putra Lestari. Dikelola sendiri," kata Yudi kepada detikcom, Selasa (15/8) malam.

SPBU tersebut terletak di Jalan Raya Serpong-Cisauk. Posisinya berada di sebelah sisi kanan jalan dari Serpong menuju Cisauk.

Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi, Rabu (16/8/2017), sejumlah kendaraan tampak antre mengisi bahan bakar. Antrean kendaraan itu terlihat di setiap dispenser pengisian.

Penampakan SPBU yang Jual Pertamax-Pertalite dengan Warna Sama.Penampakan SPBU yang Jual Pertamax-Pertalite dengan Warna Sama. Foto: Ahmad Bil Wahid/ detikcom


Kendaraan yang mendominasi di SPBU ini yakni sepeda motor dan truk. Mobil pribadi hanya sesekali terlihat mendatangi SPBU.

Terdapat 4 dispenser pengisian di SPBU ini. Dispenser 1 sampai 3 terletak sejajar. Khusus dispenser 4, posisi tersendiri dan dikhususkan untuk sepeda motor.

Penampakan SPBU yang Jual Pertamax-Pertalite dengan Warna SamaPenampakan SPBU yang Jual Pertamax-Pertalite dengan Warna Sama Foto: Ahmad Bil Wahid/ detikcom

Dispenser khusus sepeda motor ini melayani pengisian Pertamax 92 dan Pertalite. Dispenser 1 untuk Pertamax dan Pertamax Dex, dispenser 2 untuk premium dan Pertalite sedang dispenser 3 untuk Bio Solar.

Selain keempat dispenser itu, SPBU ini juga dilengkapi toilet umum dan musala. Sebuah minimarket juga terdapat di sisi kiri SPBU.


Penampakan SPBU yang Jual Pertamax-Pertalite dengan Warna Sama.Penampakan SPBU yang Jual Pertamax-Pertalite dengan Warna Sama. Foto: Ahmad Bil Wahid/ detikcom


Terkait warna Pertalite dan Pertamax yang heboh disebut sama, Pertamina menjelaskan telah melakukan pengecekan. Hasil uji laboratorium terhadap sampel kedua BBM itu menunjukkan research octane number (RON) atau nomor oktan sesuai spesifikasi.

"Pertamina memastikan kualitas Pertalite dan Pertamax on spek dengan RON Pertalite 90.2 dan Pertamax 92. Hasil pengecekan di lab kualitas (RON) untuk Pertamax dan Pertalite sesuai dengan spesifikasi dan sudah sesuai standar," ujar Yudi.
(abw/nkn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed