DetikNews
Selasa 15 Agustus 2017, 17:54 WIB

Tak Terima Ditilang, Pengendara Ini Malah Rusak Motor Sendiri

Nugroho Tri Laksono - detikNews
Tak Terima Ditilang, Pengendara Ini Malah Rusak Motor Sendiri Tak terima ditilang, pengendara ini merusak motor sendiri. (Tri/detikcom)
Jakarta - Pengendara motor ini mengamuk dan merusak motor sendiri karena tidak terima ketika motornya hendak dibawa ke kantor polisi. Pemotor ini juga sempat tarik-menarik dengan polantas yang menilangnya.

Berdasarkan video yang diperoleh detikcom, peristiwa tersebut terjadi pada Senin (14/8/2017) sekitar pukul 09.00 WIB di Jalan Mayjen DI Panjaitan, Cipinang, Jakarta Timur. Dua pengendara motor yang berboncengan itu bersitegang dengan petugas karena tidak terima saat motornya hendak dibawa.

Dalam video itu, pengendara yang tak terima ditilang mencoba menghalangi petugas dengan cara menarik bagian belakang motor. Bahkan pengendara itu pun mengancam akan membakar motornya. Tarik-menarik antara petugas dan pengendara itu terjadi di tengah trotoar jalur cepat yang diperuntukkan bagi kendaraan roda empat dari arah Tanjung Priok menuju Cawang.

Tak Terima Ditilang, Pengendara Ini Malah Rusak Motornya SendiriTak terima ditilang, pengendara ini merusak motor sendiri. (Tri/detikcom)


"Saya baik-baik Pak, tapi Bapak suaranya yang biasa aja ya," ujar pengendara sambil menunjuk-nunjuk ke petugas.

"Saya baik-baik ya. Heh... kau yang biasa," jawab petugas.

"Jangan bilang baik-baik Bapak, katanya mana suratnya, saya kasih suratnya Bapak suaranya biasa aja," ujar si pengendara dengan nada suara meninggi.

Karena geram akan perdebatan yang tak kunjung usai, seorang teman yang membonceng itu justru merusak motornya dengan mencopot bagian bodi motor sebelah kanan.

"Nah nggak apa-apa terus lanjut," celetuk petugas saat melihat sepeda motor itu dirusak.

Ketegangan terus berlanjut. Pengendara motor itu mencoba kembali membangunkan motornya yang sebelumnya terbaring akibat tarik-menarik dengan petugas.

"Motor tidak ada suratnya kok," kata petugas.

"Bukan nggak ada suratnya, sudah jelas ada suratnya, cuma mati," jawab pengendara.

"Tunjukkan BPKB kamu kalau ada suratnya, besok di kantor," kata petugas.

"Masak saya bawa BPKB-nya," jawab pengendara.

"Ya besok di kantorlah," kata petugas.

"Nggak ada orang bawa motor sambil bawa BPKB," jawab pengendara.

Pengendara itu mencoba mendorong motornya, namun tampak seorang petugas yang berupaya memegang menghalau agar tidak kabur.

"Awas kau Pak hah...," berontak pengendara sambil menyikut petugas.

"Kau sudah nonjok ya, ayo pukul, ayo pukul," ujar petugas.

Tak Terima Ditilang, Pengendara Ini Malah Rusak Motornya SendiriTak terima ditilang, pengendara ini merusak motor sendiri. (Tri/detikcom)


Karena kesal, pengendara itu pun langsung menendang motornya hingga terjatuh saat dibawa petugas. Dia masih menendang motor itu dan menginjak-injak motor sendiri untuk meluapkan kekesalannya, namun petugas hanya melihat ulah pengendara motor tersebut. Setelah puas mengamuk dengan motornya, akhirnya petugas membawa motor itu ke kantor Satwil Lantas Jakarta Timur.

Saat dimintai konfirmasi secara terpisah, Kasat Lantas Jakarta Timur AKBP Sutimin membenarkan kejadian tersebut. Bukan tanpa sebab, pengendara itu ditindak lantaran menerobos jalur cepat saat melaju di Jl Mayjen DI Panjaitan dari arah Tanjung Priok menuju Cawang. Pengendara motor itu juga nekat memutar balik dengan cara menyeberangi trotoar yang berada di jalur cepat.

"Petugas di lapangan tetap sabar dan humanis, tapi setelah dilakukan pemeriksaan ternyata TNKB motor itu mati 5 tahun dan si pengendara tidak memiliki SIM. Dan pada saat akan dibawa ke kantor, dia menolaknya," ujar Sutimin saat dihubungi detikcom, Selasa (15/8/2017).
(rvk/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed