DetikNews
Selasa 15 Agustus 2017, 16:26 WIB

Nikmatnya Jokowi Nyeruput Kopi Khas Bali Bersama Paskibraka

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Nikmatnya Jokowi Nyeruput Kopi Khas Bali Bersama Paskibraka Presiden Jokowi menikmati kopi Bali (Foto: Bagus Prihantoro/detikcom)
Jakarta - Indonesia memiliki beragam jenis kopi. Kali ini, kopi khas Bali dihadirkan ke Istana dalam rangka rangkaian peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia.

Kopi tersebut berasal dari Desa Mengani, Kintamani, Bali. Hendarto, pengusaha kopi pemilik PT Java Qahwa Indonesia, adalah yang beruntung bisa mempersembahkan kopinya untuk Jokowi di Istana.

Jokowi menyicipi kopi tersebut seusai mengukuhkan anggota Paskibraka di Negara, Jl Veteran, Jakata Pusat, Selasa (15/8/2017). Dia pun mengajak para anggota Paskibraka tersebut untuk ikut menyeruput nikmatnya kopi.

"Kopi dari barat, Sabang, sampai ke timur, Merauke, itu banyak sekali. Mulai dari kopi Gayo, kopi Mandailing, kopi Lampung, kopi Jawa Barat, kopi ini Kintamani, kopi paling timur di Wamena dan daerah lain," ujar Jokowi setelah menyeruput kopi.

Presiden Jokowi menyeruput kopi BaliPresiden Jokowi menyeruput kopi Bali Foto: Bagus Prihantoro/detikcom


Hendarto juga menghadirkan sejumlah barista serta peralatan lengkap. Mulai dari kopi hitam, capuccino, es kopi, semuanya tersaji dengan cantik dan tak kalah dengan kafe luar negeri.

"Ini akan mulai kita kenalkan brand lokal, sekali lagi dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, yang ingin saya sampaikan jadi barista-barista seperti ini penting sekaligus diperbanyak training-training," tutur Jokowi.

Menurut Jokowi, sudah saatnya Indonesia tak sekadar mengekspor kopi mentah saja. Nantinya kopi olahan yang nikmat akan jadi komoditas yang menjanjikan.


(bpn/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed