ADVERTISEMENT

Menelusuri Gedung Nusantara I DPR yang Disebut Miring 7 Derajat

Andhika Prasetia, Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Selasa, 15 Agu 2017 09:00 WIB
Gedung Nusantara I DPR malam hari (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Wacana membangun gedung baru pengganti gedung Nusantara I DPR kembali mencuat ke permukaan menjelang sidang tahunan DPR. Gedung Nusantara I dinilai sudah 'tua' dan miring 7 derajat. Seperti apakah gedung Nusantara I itu?

Salah satu sisi gedung Nusantara I DPRSalah satu sisi gedung Nusantara I DPR Foto: Gibran Maulana/detikcom

Gedung Nusantara I terletak di sisi paling selatan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Gedung ini memiliki 24 lantai sekaligus tempat kerja anggota DPR di fraksinya masing-masing.

Tampak depan ruangan Komisi IX DPRTampak depan ruangan Komisi IX DPR Foto: Andhika/detikcom

Di lantai dasar gedung, biasanya digunakan untuk ruang rapat Komisi VI, Komisi VII, Komisi IX, Komisi X, dan Komisi XI. Terdapat juga ruang Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) di sisi barat gedung. Saat masa sidang, lantai dasar gedung ini kerap diisi aktivitas rapat komisi hingga rapat fraksi. Para wartawan juga kerap duduk-duduk di lantai gedung.

Ruang MKD DPR di Gedung Nusantara ISekretariat MKD DPR di Gedung Nusantara I Foto: Lamhot Aritonang

Itu baru di lantai dasar, sekarang beralih ke ruang fraksi. DPR memiliki 560 anggota dan terbagi menjadi 10 fraksi. Angka ini akan bertambah menjadi 575 pada periode selanjutnya berdasarkan hasil UU Pemilu.

Lift di gedung Nusantara I kerap disesaki staf hingga anggota DPR. Terkadang, butuh waktu lama untuk mengantre jika ingin ke ruangan fraksi. Anggota F-Gerindra Sufmi Dasco Ahmad bahkan mengaku beberapa kali pernah terjebak dan merasakan lift anjlok.

Lift gedung Nusantara I DPR ini katanya kerap anjlokLift gedung Nusantara I DPR ini katanya kerap anjlok Foto: Gibran Maulana/detikcom

"Kita rasakan agak goyang, itu menurut orang yang ngerti, konstruksinya sudah kelamaan. Kita sih mikirnya soal keselamatan aja," ujar Dasco.

Bagaimana dengan ruang anggota DPR? Luas ruangan anggota DPR berbeda dengan pimpinan. Luasnya tak lebih dari 20 meter persegi. Saat detikcom bertandang ke ruang anggota F-PKB Daniel Johan, terlihat ruangan tersebut masih harus dibagi bersama lima stafnya.

Ruangan tersebut dipenuhi tumpukan dokumen dan peralatan kerja seakan sudah memenuhi ruang yang sempit itu. Apalagi jika kelima staf harus bekerja di saat bersamaan. Tak ada ruang gerak yang cukup.

Ini salah satu ruang kerja anggota DPRIni salah satu ruang kerja anggota DPR Foto: Elza Astari/detikcom

"Ya mereka terpaksa gantian kalau mau bekerja. Atau yang satu masuk ke dalam ruangan saya. Di sini udah semua-semua, ruang tamu juga jadi satu dengan ruang kerja," kata Daniel pada bulan Juni 2016 lalu.

Dengan rencana kenaikan anggaran DPR menjadi Rp 5,7 triliun, mereka berencana melakukan penataan kawasan parlemen termasuk mendirikan gedung baru pengganti Nusantara I. Salah satu alasannya, ya tadi, karena gedung ini dinilai miring 7 derajat hingga kerapnya lift anjlok.

Anggota DPR dari Fraksi PKB Daniel Johan berbagi dengan 5 stafnya dalam satu ruanganAnggota DPR dari Fraksi PKB Daniel Johan berbagi dengan 5 stafnya dalam satu ruangan Foto: Elza Astari/detikcom

"Ini gedung heritage, nggak ada lagi penambahan tempat. Anggota DPR ini nambah jadi 575. Dulu anggota DPR saat gedung itu dibangun tahun '88 cuma 40 orang kurang, 40 orang nggak punya staf," kata Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (14/8). (dkp/lkw)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT