DetikNews
Senin 14 Agustus 2017, 00:59 WIB

Kebakaran Lahan Terjadi di Kawasan Perhutani Mojokerto

Jabbar Ramdhani - detikNews
Kebakaran Lahan Terjadi di Kawasan Perhutani Mojokerto Kebaran lahan di kawasan Perhutani Mojokerto (Foto: Achmad Kurniawan/pasangmata.detik.com)
Jakarta - Kebakaran lahan terjadi di kawasan Perum Perhutani, Mojokerto, Jawa Timur. Petugas memadamkan api secara manual menggunakan alat seadanya.

"Kebakaran malam ini, sekitar pukul 19.35 WIB tadi. Pemadaman dilakukan secara manual oleh petugas menggunakan alat seadanya. Mobil ranger petugas tidak bisa masuk, lokasinya pelosok sekali," kata seorang warga, Achmad Kurniawan saat dihubungi, Minggu (13/8/2017) malam.

Achmad yang mengirimkan informasi ke Pasangmata.com mengatakan kebakaran tersebut terjadi di kawasan Perhutani di Kecamatan Kemlagi, Mojokerto, Jatim. Pemadaman dilakukan dengan mencegah perambatan api.

"Untuk penanganan, semak dipukul dengan batang yang ada di hutan. Lalu diberi jarak antara titik yang terbakar dengan yang belum terbakar dengan cara dipisahkan, dikasih jarak. Semak yang terbakar dikasih ranting yang masih basah dengan jarak 2-3 meter agar tidak merambat lagi," ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mojokerto membenarkan hal tersebut. Namun saat ini api sudah berhasil dipadamkam.

"Iya, sekarang apinya sudah padam. Warga setempat sudah berhasil memadamkan. Luas yang terbakar sekitar 10-20 meter," ucap petugas BPBD Mojokerto, Isa Wahid, dihubungi detikcom secara terpisah.

Sementara itu, pihak Polsek Kemlagi mengatakan tidak ada laporan mengenai peristiwa kebakaran tersebut. Meski begitu, bilapun ada kebakaran, biasanya itu bukan kebakaran besar dan langsung bisa cepat dipadamkan.

"Tidak ada laporan kebakaran yang masuk. Mungkin karena cepat ditangani oleh warga. Tapi warga di sini biasanya setelah panen, daunnya kan kering. Untuk menanam lagi, biasanya daun dibakar lagi. Petani biasanya lakukan itu," kata Aiptu Heru.
(jbr/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed